Penulis : Shafna Jurnal

Lagi-lagi Siswa SMA Negeri 1 Sumenep berhasil menjuarai lomba tingkat nasional. Baru-baru ini datang dari siswi bernama Zabrina Makardika Putri yang berhasil meraih juara 1 Lomba Akuntansi SMA ASEC (Accounting Skill and English Competition) Tingkat Nasional.

Lomba ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) Politeknik Negeri Malang (POLINEMA). Berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun ini Lomba ASEC (Accounting Skill and English Competition) dilaksanakan secara online dan diikuti oleh siswa-siswi SMA/SMK seluruh Indonesia. Lomba ASEC terdiri atas beberapa bidang lomba yaitu: lomba akuntansi SMA, lomba akuntansi SMK, story telling competition, dan speech contest. Lomba ini berlangsung selama dua hari, yaitu 17 Oktober 2020 untuk babak penyisihan, dan 18 Oktober 2020 untuk babak semifinal dan final.

Pada babak final, Zabrina berhasil mengungguli peserta babak final yang lain dengan perolehan nilai 143,67. Pada urutan kedua diraih oleh perwakilan SMA Kristen Petra 1 Surabaya dengan nilai 128,33. Urutan ketiga dari perwakilan SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang dengan nilai 79,66. Urutan keeempat diraih oleh perwakilan SMA Negeri 1 Pagak Kabupaten Malang dengan nilai 74,5 dan urutan kelima kembali diraih oleh perwakilan SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang dengan nilai 45,67. Perolehan nilai ini dibacakan oleh Bapak Galuh Kartiko, SH., M.Hum., selaku Dosen Pembina Kesiswaan POLINEMA pada penutupan Lomba ASEC melalui streaming Youtube dan Zoom.

“Jadilah Dirimu Sendiri. Tidak Akan Ada Orang yang Menyalahkanmu.” Pepatah yang disampaikan oleh Charles Schultz ini sangat menggambar perjuangan Zabrina yang sempat merasa hopeless karena presentasi bahasa inggris yang menurutnya kurang lancar pada saat babak final. Akan tetapi, keberanian, tekad, usaha, dan doa yang telah mengantarnya menjadi seorang juara.

Menurut Zabrina, pandemi atau tidak itu bukan alasan untuk bersikap malas dan menyerah. Justru, di masa-masa seperti ini kesempatan mengikuti lomba itu terbuka lebar dan lebih mudah. Kita tidak perlu keluar rumah, cukup di dalam rumah memanfaatkan fasilitas elektronik untuk mengikuti lomba.

Selanjutnya, dia juga menyampaikan pesan spesial untuk seluruh angkatan ’21, “Nah, aku juga pengen berpesan terutama untuk kelas XII untuk melatih mental dan kesiapan mereka di UTBK dengan rajin ikut lomba dan TO. Supaya kelas XII bisa memetakan persaingan dan menyadari kalau segala sesuatu harus dipersiapkan dengan baik dan matang. Untuk siswa-siswi juga jangan takut untuk berlomba, tumbuhkan semangat berkompetisi, menantang diri sendiri untuk lebih baik, dan jangan takut keluar dari zona nyaman. Dengan banyak ikut lomba, itu cukup membantu aku untuk meningkatkan rasa percaya diri, memahami situasi dan kondisi, dan berpikir cerdas di situasi mendesak. Untuk bisa beprestasi, kita bisa memulainya dari hal-hal kecil yang kita suka. Kita kembangkan potensi yang ada dalam diri kita dan senantiasa menguji kemampuan diri sudah seberapa jauh kita berprogres. Bagi aku, jika kita tulus melakukan sesuatu, tekun dan tidak pantang menyerah pada sesuatu yang kita lakukan, InsyaAllah prestasi itu akan datang sendirinya. Jangan niatkan sesuatu untuk pujian, tetapi niatkan sesuatu untuk perubahan diri menjadi lebih baik.”

3 Thoughts to “Siswa SMA Negeri 1 Sumenep Berhasil Menjuarai Lomba Akuntansi Tingkat Nasional”

  1. Ichaa

    Ma Syaa Allah keren sekali, semakin jaya Smansa🙏✨

    1. Admin

      Terimkaih atas apresiasinya dan sudah mengunjungi website resmi kami,
      Amin 🙏

  2. I beloved up to you will obtain performed proper here. Sibley Barthel Hoffer

Leave a Comment