Penulis berita : Syla Fatikha

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya.” Ungkapan tersebut selalu relevan sepanjang masa bila kita mengingat sejarah perjalanan bangsa ini. Tentu saja, kemerdekaan tidak serta merta terwujud karena diperlukan adanya pengorbanan yang ditorehkan para pahlawan bangsa. Bahkan nyawa mereka pun sudi dipersembahkan demi terwujudnya kemerdekaan Indonesia. Sehingga, pada tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan sebagai bentuk penghargaan terhadap pahlawan pada pertempuran Surabaya yang dianggap sebagai pertempuran paling dahsyat.

Dok MPK Smansa

Pada 28 November 2020, MPK SMA Negeri 1 Sumenep mengadakan kegiatan TABUR BUNGA untuk memperingati Hari Pahlawan tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa cinta tanah air, rela berkorban demi Bangsa dan Negara serta membentuk siswa/i yang patriotis dan berbudi pekerti luhur. Selain itu, kegiatan ini diharapkan bisa menginspirasi semua orang khususnya warga SMA Negeri 1 Sumenep agar mampu membangun ingatan koletif serta kesadaran berbangsa dan bernegara.

Dalam kondisi pandemi, kegiatan ini berjalan tidak seperti biasanya karena undangan hanya sebatas 15 orang untuk menghindari adanya kerumunan. Namun, acara tetap berjalan khidmat dan lancar tanpa mengurangi rasa nasionalisme.

Dok MPK Smansa

Acara dibuka secara resmi oleh pembina MPKSMANSA, bapak Syahrul Yoga Pradana dengan mengucap bismillah. Pada sambutannya, beliau mengatakan bahwa acara ini dilaksanakan dengan tujuan agar ekstrakurikuler maupun organisasi di SMANSA bisa mengadakan kegiatan bertema kebangsaan lainnya juga. Acara dilanjutkan dengan memasuki area makam pahlawan. Disana, para undangan dipimpin untuk membaca Al-Fatihah sebanyak 11x untuk mempersingkat waktu karena kondisi yang tidak memungkinkan. Setelah itu, para undangan diajak untuk menaburkan bunga di atas makam para pahlawan dan acara ditutup dengan sesi dokumentasi.

Leave a Comment