Penulis : Achmad Darwis Sutejo

Masjid adalah sesuatu yang sangat vital dalam lembaga pendidikan. Ia memegang peran dalam pembentukan karakter spiritual peserta didik. Karena pendidikan bukan hanya urusan transfer pengetahuan, tetapi juga transfer nilai-nilai spiritual. Di masjid tempat yang paling tepat untuk menempa karakter peserta didik.

Karena itu masjid yang memadai bagi SMAN 1 Sumenep sangatlah penting adanya. Hal ini juga untuk mencapai visi sekolah yaitu menciptakan generasi yang unggul dalam ketakwaan kepada Allah SWT. Atas dasar itu, SMAN 1 Sumenep membangun masjid baru, sebagai pengganti masjid yang lama yang sudah tidak mencukupi untuk tempat kegiatan keislaman siswa.

Dok. Humas Smansa

Mesjid yang dberi nama masjid At-Taqwa itu direncanakan berlantai dua dan menelan biaya 1,4 M. Pembangunannya sudah dimulai ketika peletakan batu pertama oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Bapak Sugiono Eksantoso pada hari senin tanggal 20 Maret  2020.

Ketika ditanya sumber dana pembangunan SMAN 1 Sumenep, Wakil Ketua Panitia, Pak Hasan menjelaskan, “Kami mengumpulkan dana dengan menggalang dana dari siswa yang dilakukan dua kali seminggu. Juga dari Bapak Ibu guru SMAN 1 Sumenep. Juga, dan ini paling banyak berperan, dari para alumni SMAN Sumenep. Ada alumni yang menyumbang secara pribadi, ada juga yang menyumbang atas nama angkatan. Ada sumbangan dari angkatan 1999, 2002, 2004 dan lainnya.” Ia yang sekaligus menjabat Wakil Kepala bidang Kesiswaan mengucapkan terimakasih atas partisipasi alumni dalam pembangunan masjid ini. “Semoga Allah membalas amal mereka, dan semoga menjadi inspirasi bagi yang lain. Amin,” harapnya.

Dok. Humas Smansa

Ditemui di tempat terpisah, Ketua Panitia Bapak Halimurrahman, menjelaskan bahwa tahapan pembangunan berikutnya adalah pengecoran lantai 2. “Rangkaian besi untuk balokan cor lantai 2 sudah dikerjakan sampai Okotber. Tinggal pasir, semen dan besi untuk lantai. Jika dana cukup, Januari insya Allah akan dilanjutkan pengecoran lantai 2.”

Mengenai keuangan, Achmad Darwis selaku bendahara pembangunan menjelaskan, bahwa sampai sekarang pembangunan masjid sudah menelan dana lebih dari 120 juta. Saldo terakhir tinggal 27 juta. “Kami sedang menghimpun dana, karena untuk pengecoran lantai dua diperkirakan akan menghabiskan dana kurang lebih 75 juta. Bagi yang mau beramal jariyah bisa mengirimkan sumbangannya di Rekening BRI No 0095-01-026332-53-5 a.n MASJID AT-TAQWA SMA NEGERI 1 SUMENEP.

Leave a Comment