Jurnalis : Syifa Jurnal dan Dewi Jurnal

 

Belajar, Bersilaturahmi, dan Bersinergi.

Pada tanggal 25 Maret 2021, SMAN 1 Sumenep kedatangan tamu dari SMPN 1 Sumenep. Bermaksud melakukan studi kunjung, rombongan dari SMPN 1 Sumenep, yakni OSIS, MPK, dan guru pembina ingin melihat prospektus dan program kerja di SMANSA. Kemudian rombongan tersebut tentunya ingin menimba ilmu baik dari segi pengelolaan majalah, website sekolah, dan juga keorganisasian (kesiswaan) di SMAN 1 Sumenep, yang nantinya akan dijadikan acuan untuk sekolah mereka.

“Setelah kita melakukan studi kunjung ini, ada banyak hal yang bisa kita pelajari, diantaranya adalah kita sangat tertarik dengan pengelolaan media yang ada di SMANSA ini, kemudian keorganisasiannya, dan juga pengelolaan karya tulis yang sangat membanggakan. Ada beberapa siswa dari SMAN 1 Sumenep ini yang bisa berkiprah di kancah nasional bahkan internasional. Ini yang harus kita tindaklanjuti nanti sepulang dari SMAN 1 Sumenep”, demikian yang disampaikan oleh bapak Haris, selaku pembina OSIS sekaligus Wakil Kepala dari SMPN 1 Sumenep. Beliau juga berkata bahwa pengelolaan website sekolah dapat membuka wawasan mereka tentang pengelolaan website yang ada di SMPN 1 Sumenep. Beliau menilai website yang ada di SMANSA sangat bagus sehingga bisa menjadi inspirasi mereka dalam mengolah website.

Dok. Humas SMANSA Sumenep

Adapun tentang keorganisasian, khusunya pada ekstrakurikuler Jurnalistik, Pak Haris menilai ekskul ini sangat bagus. Bahkan pada saat era pandemi ekskul ini mampu berimprovisasi dengan tetap menyajikan informasi kegiataan jurnalistik di media daring. Hal ini juga yang menjadi catatan yang nantinya akan dikembangkan kegiataan Jurnalistik di SMPN 1 Sumenep. Beliau beranggapan bahwa hal ini membuat mereka termotivasi untuk tidak vakum menjalankan ekstrakurikuler Jurnalistik walaupun dalam keadaan pandemi.

 

Dok. Humas SMANSA Sumenep

Menurut beberapa siswa yang menjadi bagian dari OSIS, MPK dan ekstrakurikuler jurnalistik SMPN 1 SUMENEP mengaku mendapat pengalaman yang berharga setelah melakukan studi kunjung ini. Neysha dan beberapa temannya berkata bahwa mereka disambut dengan baik oleh warga SMANSA dan  bisa belajar banyak mengenai beberapa hal. “Kalau pengalaman yang didapat di ruang OSIS sendiri itu kami belajar banyak tentang pengelolaan organisasi (MPKOSIS) lalu pengadaan acara, perancangan dana anggaran, lalu feed IG untuk menarik khalayak luas dan masih banyak lagi hal-hal yang baru kami ketahui dan InsyaAllah akan diterapkan di OSIS SMPN 1 Sumenep. Saat di ruang jurnalistik kami belajar banyak tentang program-program eskul jurnalistik ini, contoh nya seperti pengadaan kegiataan pekan literasi. Lalu pengolahan @majisgram itu majalah online nya SMANSA yang sangat menginspirasi kami dalam menerapkan hal yang serupa dikemudian hari. Lalu untuk di ruang riset kami banyak dapat pengalaman dan terinspirasi dari juara-juara yang sudah diraih oleh kakak-kakak nya. Keren banget deh” Mereka juga mengatakan hal ini kemudian menjadi inspirasi bagi mereka untuk melaksanakan dan tetap menjalankan organisasi ataupun ekstrakurikuler dengan baik.

“Kesan saya terhadap SMANSA, kalau boleh saya memberi bintang, saya akan memberi bintang 5. Meskipun SMA-SMA banyak di Sumenep ini, tapi SMANSA adalah tetap menjadi favorit baik di bidang keilmuannya, akhlaknya, kedisiplinan, dan juga nilai-nilai keagamaan yang tertanam dengan baik”, sambung Pak Haris lagi.

Leave a Comment