Masyarakat Madura memiliki tradisi Jum’at ḍi-buḍi yang merupakan kegiatan berziarah dan bersih-bersih makam keluarga pada hari Jum’at terakhir di bulan Rebbâ (bulan Sya’ban). Oleh karenanya di bulan menjelang puasa itu mereka juga memiliki tradisi arebbâ, yaitu berbagi makanan untuk para kerabat dan keluarga dengan maksud bersadaqah dan menyucikan hati untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Jika masyarakat Madura memiliki tradisi Jum’at ḍi-buḍi dan arebbâ untuk menyambut Ramadhan, masyarakat SMANSA Sumenep juga memiliki tradisi unik untuk menyambut bulan suci itu. Tradisi tersebut bertajuk Gema Ramadhan. Sebuah rangkaian kegiatan untuk menyambut dengan suka cita dan merayakan datangnya bulan penuh berkah.

Dok. Humas SMANSA Sumenep

Kita tahu bersama bahwa bulan Ramadhan adalah bulan penuh barokah dan maghfiroh. Maka kegiatan Gema Ramadhan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan melalui pembelajaran ilmu atau amal ibadah dalam melakukan kegiatan yang bersifat agamis.

Di samping itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para remaja ikut serta dalam memperingati peristiwa dan datangnya bulan yang penuh berkah, yaitu dengan cara menyalurkan dan mengembangkan bakat yang ada dalam diri pelajar SMP/ sederajat dan SMA/ sederajat se-Kabupaten Sumenep di bidang keagamaan.

Dok. Humas SMANSA Sumenep

Bentuk kegiatan yang dipioneri oleh OSIS dan Remaja Mushalla (REMUSH) SMA Negeri 1 Sumenep ini di antaranya yaitu Lomba Tartil Qur’an, Lomba Nasheed dan Lomba Da’i. Di samping untuk menumbuh kembangkan bakat dan para pesertanya, hal ini juga dimaksudkan untuk memperdalam nilai-nilai religius dan spiritual pada kalangan pelajar di Kabupaten Sumenep.

Acara yang berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu, 10-11 April 2021 di SMANSA Sumenep ini berjalan dengan baik dan semarak meskipun dalam kondisi pandemi. Hal ini dikarenakan para pesertanya sangat antusias. Para peserta sebagian besar peserta didik SMAN 1 Sumenep dan sebagian lagi pesertanya dari sekolah-sekolah negeri dan swasta di Kabupaten Sumenep di masing-masing jenis perlombaan.

Dok. Humas SMANSA Sumenep

Meskipun demikian, tentu saja keadaan pandemi tetap tidak memungkinkan acara digarap dengan semarak seperti biasa seperti tahun-tahun sebelumnya. Penerapkan protokol kesehatan dengan ketat menjadi power point dalam teknis kegiatan. Pada setiap ruang perlombaan tidak diperkenankan adanya penonton seperti pelaksanaan Gema Ramadhan sebelumnya. Di setiap ruangan lomba hanya ada peserta dan dewan juri. Para peserta dan dewan juri sebelum memasuki ruangan lomba juga diwajibkan untuk pengecekan temperatur tubuh, mencuci tangan dengan hand sanitizer dan menggunakan masker.

Pelaksanaan perlombaan dalam serangkaian kegiatan Gema Ramadhan menghasilkan para pemenang di setiap jenis perlombaannya. Berikut ini adalah daftar pemenang dari tiap cabang lomba Gema Ramadhan Tahun 2021:

Lomba Da’i:

Juara 1, Ifan Nur Firdaus, asal sekolah SMAN 1 Sumenep

Juara 2, Jamilatul Kamaliah, asal sekolah SMAN 1 Batuan

Juara 3, Diva Zafira Nisa, asal sekolah SMAN 1 Sumenep

Lomba Nasheed

Juara 1, Nasywa Azmi Chandrakanti, asal sekolah SMAN 1 Sumenep

Juara 2, Nur Afifah, Moh Royhan Iqbal, Saidah Nur Vina J (Tim/ Regu), asal sekolah MA Zainal Arifin

Juara 3, Elita Kusuma Dewi dan Nabila Dwi Putri (Tim/ Regu), asal sekolah SMAN 1 Sumenep

Lomba Tartil Qur’an

Juara 1, Rhenda Aisyah, asal sekolah SMAN 1 Sumenep

Juara 2, Tartila, asal sekolah MA Zainal Arifin

Juara 3, Balqis Tyakusuma, asal sekolah SMAN 1 Sumenep

Dok. Humas SMANSA Sumenep

Dalam sambutan penutupnya, Kepala SMAN 1 Sumenep, Drs. Sukarman menyampaikan bahwa bagi para peserta yang belum mendapat kemenangan untuk tidak berkecil hati.

“Sebab sudah sebuah keniscayaan dalam sebuah perlombaan harus ada yang menang dan ada yang kalah. Yang terpenting bahwa kalian telah berusaha menampilkan yang terbaik. Kalian telah mencoba, mencari, dan menggali potensi yang ada dalam diri kalian. Tetaplah semangat dan kami tunggu kiprah kalian untuk pembuktian menjadi yang terbaik di tahun berikutnya. Bagi yang menang, selamat! karena kalian telah memetik hasil dari usaha yang sudah kalian persiapkan untuk perlombaan ini.”

“Tetaplah jaga kesehatan untuk menyambut Ramadhan dan menjalaninya, sehingga kita bisa dengan hikmat dan nikmat beribadah di bulan suci yang akan datang in”, pesannya dalam kalimat penutupnya.

Akhirnya, kami segenap sivitas akademika SMAN 1 Sumenep mengucapkan “Marhaban ya Ramadhan!” dan “Selamat menunaikan ibadah puasa!”

Leave a Comment