ADAM 2021 MENGGUNAKAN TEKNOLOGI SEBAGAI INOVASI BARU

Jurnalis : Atila Luciyanti dan Cindy Yulia K.

Ajang Kecerdasan Majemuk  (ADAM) SMA Negeri 1 Sumenep 2021 dilaksanakan pada tanggal 10 – 11 April  2021. Setelah mengalami penundaan selama setahun, dikarenakan adanya pandemi covid-19, ADAM kembali diselenggarakan dengan mengusung tema “Yang Berkilau di Masa Galau”. ADAM kali ini diikuti sebanyak 228 peserta, tidak hanya dari regional sumenep, melainkan dari luar kabupaten Sumenep, seperti Pamekasan dan bahkan Sidoarjo, juga ikut serta dalam ajang perlombaan ini. Di babak penyisihan yang dilaksanakan pada tanggal 10 April 2021, siswa/i Smp/Mts mengerjakan soal-soal dengan sistem yang berbasis teknologi, pengerjaan dengan menggunakan tablet membuat peserta merasa  bahwa pelaksanaan ADAM tahun ini lebih efisien, karena setelah babak penyisihan selesai, nilai dapat diketahui saat itu juga, sehingga peserta tidak perlu menunggu berhari-hari untuk mengetahui siapa yang masuk babak final. Dibabak selanjutnya yang dilaksanakan pada hari minggu, tanggal 11 April 2021 dari 228 peserta ADAM, hanya 5 anak per mata pelajaran yang masuk dalam babak final.

Dok. Humas SMANSA Sumenep

Ajang perlombaan yang bergengsi ini ditujukan untuk memikat daya tarik siswa Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah yang berbakat dan berprestasi, dengan mata pelajaran yang diperlombakan, antara lain Matematika-logis, Natural, Intra-Interpersonal, dan juga Linguistik bahasa indonesia maupun bahasa Inggris.

Acara penutupan dibuka dengan sambutan dari Kepala SMA Negeri 1 Sumenep, Drs. Sukarman. Dalam sambutannya Kepala SMA Negeri 1 Sumenep menyampaikan, bahwa 2 siswa SMANSA, yaitu Aghits Royyan Rohmanov dan Nasywa Azmi Chandrakiranti berhasil meraih juara di perlombaan penelitian Mostra De Ciencias E Tecnologia Da Escola Acai (MCTEA) Tingkat Internasional Brazil. Kedua siswa tersebut juga berhak untuk mengikuti lomba penelitian ilmiah Internasional lanjutan di New York, Amerika Serikat. Prestasi-prestasi tersebutlah yang dapat membuktikan, bahwa Madura yang dikenal sebagai daerah terpencil juga bisa menelurkan remaja-remaja yang berprestasi. Karena hal itu SMANSA menjadi sekolah yang sangat direkomendasikan untuk siswa/i Smp/Mts yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke SMA. Terutama untuk para juara  lomba ADAM yang sudah memegang tiket masuk untuk menempuh jenjang pendidikan SMA nya di SMANSA, agar ilmunya bisa dikembangkan dan diasah lagi.

Dok. Humas SMANSA Sumenep

ADAM tahun ini dihadiri oleh Bupati Sumenep, Bapak Achmad Fauzi, SH. MH., yang memberikan arahan sekaligus menutup acara, dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Sumenep, Bapak Syamsul Arifin S.Pd. M.Si., yang memberikan sambutannya di acara penutupan ADAM. Dalam pidatonya bupati Sumenep menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia yang menyelengarakan ADAM, karena dengan adanya kegiatan seperti ini, pelajar di Sumenep bisa meningkatkan jiwa kompetitif dan prestasinya terutama dibidang yang diperlombakan. “Saya ingin menyampaikan selamat kepada para juara yang menjuarai ajang perlombaan hari ini, tapi tidak boleh berpuas diri. Bagi yang belum mendapatkan prestasi juara, maka kegagalan pada ajang hari ini dijadikan sebagian dari semangat baru”  tutur Bupati Sumenep kala menyampaikan pidatonya. Bupati Achmad Fauzi juga menyampaikan bahwa “tidak ada sebuah kesuksesan itu yang diraih dengan kebetulan, seperti tidur-tiduran, tidak mau usaha, tidak pernah belajar, itu tidak ada”. Ujar beliau

Pada saat pengumuman juara, Bupati Achmad Fauzi memberikan piala kepada finalis lomba Ajang Kecerdasan Majemuk (ADAM) matematika, dan bapak KACABDIN provinsi wilayah Sumenep memberikan piala kepada finalis ADAM linguistik bahasa Inggris, kemudian bapak Sukarman selaku Kepala SMA Negeri 1 Sumenep memberikan piala kepada finalis ADAM Intra-Interpersonal (sosial), selain itu bapak M. Hari Nurdi sebagai ketua pelaksana Adam tahun 2021 memberikan piala pada finalis ADAM linguistik bahasa indonesia. Dan yang terakhir  perwakilan dari Tim Ganesha Opration memberikan Piala kepada finalis ADAM Natural. Juara 1 Ajang Kecerdasan Majemuk (ADAM) Matematika Logis diraih oleh Ghea Najwa Bahira dari SMPN 2 Sumenep, juara 1 ADAM Natural yakni Anindita Sayla Safira dari SMPN 1 Pamekasan, kemudian juara 1 ADAM Linguistik bahasa Indonesia yaitu Saravita Putri Jamilah dari SMPIT Al-Hidayah Sumenep, Sedangkan juara 1 ADAM Linguistik bahasa Inggris adalah Fiona Anastasia Salsabilah Putri Angelica dari SMPN 1 Sumenep dan juara 1 ADAM Intra-Interpersonal (Sosial) ialah Nadhira Aulya Ferona dari SMPN 1 Sumenep.

Leave a Comment