Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Semua umat muslim akan berlomba-lomba melakukan amalan baik di bulan suci ini. Sebab di bulan penuh berkah ini semua amalan baik pahalanya dilipat gandakan.

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh umat muslim di bulan Ramadhan adalah tadarus. Kata tadarus memiliki arti kegiatan membaca dan memahami Al-Qur’an secara berulang. Kegiatan ini pada umumnya dilakukan oleh dua orang atau lebih dalam sebuah majelis. Biasanya di masjid atau di langgar. Tetapi ada juga sebagian orang yang melakukannya secara mandiri, sendiri dan di rumah.

Seiring dengan kemajuan tekhnologi nampaknya tadarus Al-Qur’an dapat dilakukan dengan skala yang lebih luas. Di Provinsi Jawa Timur, misalnya. Sejak adanya pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia di tahun lalu, Ibu Gubernur Jawa Timur, Khofifa Indar Parawansa sejak tahun 2020 lalu mencanangkan tadarus berskala regional melalui sistem daring.

Dok. Humas SMANSA Sumenep

Di bulan Ramadhan 1442 H (tahun 2021) ini program tadarus bertajuk “Tadarus On Line” itu dilanjutkan. SMAN 1 Sumenep mendapat kepercayaan untuk terlibat dalam kegiatan pembacaan Al-Qur’an secara bergiliran itu mewakili Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Sumenep.

Dok. Humas SMANSA Sumenep

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 18 April 2021 berlangsung dari pukul 08.00 hingga 10.00 WIB disiarkan secara langsung melalui kanal youtube Bidang Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Selain SMAN 1 Sumenep ada pula peserta tadarus dari instansi lain di lingkup Pemerintahan Provinsi Jawa Timur, yaitu Biro Organisasi, Dinas Perhubungan, dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dok. Humas SMANSA Sumenep

Tadarus ini dipandu langsung dari Gedung Grahadi Surabaya dengan menggunakan aplikasi zoom meeting. Masing-masing instansi diwakili oleh 5 orang pembaca Al-Qur’an. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an pada hari itu dimulai dari surah At-Taubah, Juz 10, oleh wakil Pemprov Jatim di Gedung Grahadi Surabaya. Lalu dilanjutkan oleh kelompok pembaca dari Dinas Perhubungan Jatim, diteruskan oleh para pembaca Biro Organisasi Pemprov Jatim. Setelah itu pembacaan Al-Qur’an dilanjutkan oleh siswa-siswi SMAN 1 Sumenep dan ditutup lagi oleh wakil Pemprov Jatim di Gedung Grahadi.

Sebelum kegiatan “Tadarus On Line” tersebut dimulai, acara ini diawali dengan penyampaian tali asih kepada 5 anak yatim dari kalangan peserta didik SMAN 1 Sumenep oleh Gubernur Jatim yang diwakili oleh Kepala Cabdindik Jatim Wilayah Kabupaten Sumenep, yaitu H. Syamsul Arifin, S.Pd., M.Si.

Usai kegiatan tadarus tersebut, SMAN 1 Sumenep mendapat apresiasi dan tanggapan yang baik dari Pemprov Jatim. Pujian itu datang langsung dari koordinator pelaksana kegiatan tadarus di di tingkat provinsi melalui pesan whatsapps kepada bapak Kepala SMAN 1 Sumenep, Drs. Sukarman.

Dok. Humas SMANSA Sumenep

“Assalamu’alaikum. Sumenep ngajinya empuk. Soundnya juga pas. Kelas berapa saja itu?”, ujar beliau. Tidak cukup sampai di situ, dari Gedung Grahadi Surabaya beliau juga mengatakan bahwa pembacaan dari tim Sumenep membuatnya terharu.

“Tim Sumenep, tolong sampaikan salam dan apresiasi dari para peserta online. Baca Al-Qur’an merdu, seperti di CD. Jujur aku mbrebes mili. Anak muda puinter ngaji”, puji beliau.

Semoga para pelaksana, peserta, dan kita semua (pemerintah dan masyarakat Jawa Timur) mendapat manfaat dan syafaat Rasulullah Saw dari kegiatan tadarus Al-Qur’an ini. Pemerintahnya amanah, barokah rakyatnya. Jawa Timur jaya! Aamiin.

One Thought to “SMAN 1 Sumenep Dipuji di Tadarus Online”

  1. Arohman

    Alhamdulillah. Barakumullah.

Leave a Comment