Tahun pembelajaran 2021/2022 sudah di depan mata, sementara pandemi COVID 19 tak kunjung reda. Kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) masih akan terus berlangsung. Kecewa? Pada siapa rasa itu mesti dilabuhkan?

Mengeluh dan berdoa pada Sang Kuasa tak cukup. Sektor pendidikan harus terus digulirkan sebagai doa dan ikhtiar untuk kesembuhan semesta. Pada generasilah masa depan semesta ditentukan. Anak didik kita adalah embrio kehidupan ini.

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

Atas dasar itulah, SMAN 1 Sumenep terus berbenah diri untuk memberikan pelayanan terbaik bagi peserta didik sebagai ikhtiar bersama di sektor pendidikan. Upaya dan trategi manajemen pelayanan kepada peserta didik untuk mengoptimalkan proses kegiatan pembelajaran harus terus ditingkatkan. Salah satunya adalah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penggunaan Moodle dalam Manajemen Pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu-Senin, 26-28 Juni 2021.

Kegiatan BIMTEK Penggunaan Moodle dilakukan secara terbatas dari jumlah keseluruhan guru di SMAN 1 Sumenep. Hal ini dilakukan untuk memenuhi dan menerapkan protokol kesehatan COVID 19. Peserta BIMTEK ini hanya diikuti oleh perwakilan guru mata pelajaran (MAPEL). Harapannya adalah setiap perwakilan guru MAPEL dapat melakukan pengimbasan pada rekan guru se-MAPEL.

Pada tahun sebelumnya, yaitu tahun pembelajaran 2020/2021, manajemen pembelajaran di SMANSA Sumenep dilakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi, di antaranya Google Classroom, WhatsApp, Moodle dan aplikasi sekolah yaitu Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIDEMIT), maupun platform ataupun aplikasi lainnya. Hal ini bergantung dari penguasaan dan kenyamanan masing-masing guru. Pada tahun pembelajaran 2020/2021 aplikasi Moodle lebih banyak digunakan sebagai perangkat evaluasi pembelajaran pada Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Banyaknya aplikasi dan media pembelajaran untuk memberikan pelayanan pembelajaran jarak jauh (PJJ) memberikan kesan ketidak seragaman dan cukup merepotkan bagi peserta didik. Oleh karenanya, perlu adanya keseragaman aplikasi dan media pembelajaran yang akan digunakan oleh semua guru dan semua MAPEL. Maka di tahun pembelajaran 2021/2022 aplikasi Moodle akan digunakan sebagai aplikasi dan media utama pelayanan PJJ bagi peserta didik SMANSA Sumenep.

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

Aplikasi Moodle memberikan kemudahan bagi guru dan peserta didik dalam proses PJJ. Bagi guru, aplikasi ini membantu dalam manajemen pembelajaran yang akan disampaikan dalam satu tahun, mulai dari tahap perencanaan pembelajaran (menyusun dan memetakan perangkat pembelajaran), proses layanan pembelajaran (menyuguhkan materi dan penugasan) hingga tahap evaluasi pembelajaran (ulangan, PAS, PAT, remidial dan analisis soal). Bagi peserta didik, proses PJJ akan lebih sederhana karena hanya ada satu aplikasi dan satu akun yang harus digunakan untuk mengakses semua kegiatan pembelajaran semua guru.

Kegiatan ini berlangsung cukup dinamis dengan bimbingan mentor Help Desk (HD) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, bapak Hairus Sabilah, S.E. Semua peserta cukup antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan penugasan dalam penggunaan aplikasi Moodle. Masing-masing peserta nampak sibuk dengan mengunggah materi dan membuat jenis soal AKM pada MAPELnya masing-masing. Suasana ini berlangsung dari hari pertama hingga hari terakhir.

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

Kepala SMAN 1 Sumenep, Drs. Sukarman menyampaikan dalam sambutan penutupnya bahwa beliau sangat senang dan berterima kasih atas peran serta guru-guru MAPEL yang ditunjuk untuk menjadi peserta dalam kegiatan ini.

”Saya senang dan bangga atas dedikasi bapak dan ibu guru semua. Mulai hari pertama hingga hari terakhir semua peserta sangat bersemangat dan antusias. Terima kasih untuk semua itu. Saya harap kita dapat bekerja sama seperti ini seterusnya untuk membangun SMANSA Sumenep ini. Sekolah kita tercinta.”

Semoga ikhtiar ini menjadi jalan yang baik bagi manajemen pelayanan pembelajaran di tahun pembelajaran 2021/2022 ini. Itulah harapan kita bersama. Aamiin.

Leave a Comment