Dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas pendidikan jenjang SMA di wilayah Provinsi Jawa Timur, maka Dinas Pendidikan mengadakan kegiatan Supervisi Daring SMA Penyelenggara SKS di seluruh Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini berlangsung pada hari Senin, 23 Agustus 2021 pukul 8.00–11.00 WIB.

Sebagai salah satu sekolah penyelenggara Sistem Kredit Semester (SKS), SMA Negeri 1 Sumenep berkomitmen untuk melaksanakan pembelajaran secara terencana, maksimal, dan berkualitas, sehingga pelayanan yang diberikan akan memuaskan. Demikian yang disampaikan Drs. Sukarman selaku Kepala SMA Negeri 1 Sumenep ketika menjawab pertanyaan Anik Sulistiyowati, M. Pd., salah seorang supervisor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Drs. Sukarman juga mengatakan bahwa meskipun kita berada dalam situasi pandemi, tapi itu tak menghalangi Smansa Sumenep untuk berprestasi. Berpuluh-puluh prestasi berhasil didapatkan siswa dari lomba secara daring yang diadakan pada tingkat kabupaten, provinsi, nasional, dan internasional sepanjang Tahun Pelajaran 2020/2021. Salah satu yang paling membanggakan adalah Juara III Lomba Penelitian Ilmiah yang bertajuk MCTEA 2021 di Brasil. “Hasil ini menunjukkan bahwa pembinaan, pembelajaran, dan penguatan karakter di Smansa Sumenep berjalan dengan baik walaupun situasi kita masih dalam “cengkraman” Pandemi,” tambah beliau.

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

Ketika Dra. Juni Erliyani, salah satu supervisor, menanyakan tentang peran orang tua/wali siswa dan masyarakat dalam proses pendidikan di SMA Negeri 1 Sumenep, Achmad Junaidi, M. Pd., selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum mengatakan bahwa orang tua/wali dan masyarakat berperan sangat penting sesuai fungsinya Masing-masing dalam memajukan pendidikan di SMA Negeri 1 Sumenep. “Orang tua/wali siswa dan masyarakat yang direpresentasikan dalam Komite Sekolah selalu mendukung kami dalam setiap kegiatan dan rancangan pembelajaran sekolah. Dalam setiap kegiatan kami selalu melibatkan komite sebagai teman diskusi dengan mendengarkan arahan dan harapan agar setiap kegiatan khususnya yang berkaitan dengan pembelajaran berlangsung dengan baik dan lancar”. Pungkas Pak Jun, panggilan akrab beliau.

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

Tepat pukul 11 siang Supervisi Daring SMA Penyelenggara SKS Provinsi Jawa Timur berakhir. Wajah-wajah sumringah dari para supervisor menunjukkan bahwa kegiatan kali ini berjalan lancar dan sesuai harapan. Pesan Bu Anik kepada Kepala SMA Negeri 1 Sumenep dan seluruh guru yang terlibat adalah Smansa Sumenep harus terus melakukan inovasi dan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran SKS yang sudah berlangsung selama 3 tahun di SMA Negeri 1 Sumenep ini. SKS sebagai wadah bagi siswa untuk belajar dan menuntaskan sekolah dalam 4, 5, atau 6 semester sesuai dengan semangat merdeka belajar yang diusung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Semoga pandemi ini segera berakhir sehingga kualitas pendidikan di Indonesia akan semakin meningkat sehingga tercipta insan-insan unggul yang siap dalam menghadapi tantangan zaman.

Leave a Comment