Penulis : Syafiuddin Syarif, S.Pd

Memberikan layanan terbaik kepada peserta didik bagi SMA Negeri 1 Sumenep bukanlah sebuah jargon semata. Sekolah berkomitmen mempersembahkan pelayan prima kepada peserta didik dan orang tua baik di bidang akademik atau pun non akademik dalam wujud program sekolah.

Salah satu program unggulan SMA Negeri 1 Sumenep adalah Sistem Kredit Semester (SKS). Dalam program SKS sekolah harus memberikan layanan kepada peserta untuk memilih lulus dalam waktu dua tahun atau normal tiga tahun. Sekolah memberikan kesempatan kepada peserta didik yang memiliki kemampuan akademik khusus atau di atas rata-rata peserta didik normal. Program itu dikenal Kelompok Belajar di atas Rata-rata. Program ini sebagai ruang percepatan bagi peserta didik untuk bisa lulus lebih cepat, baik dua tahun atau dua tahun setengah berdasar pencapaian Kompetensi Dasar (KD).

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

KBDR atau Kelompok Belajar di atas Rata-rata merupakan layanan khusus bagi peserta didik yang teridentifikasi memiliki bakat akademik spesial. Pantauan ini berdasar pada perolehan nilai raport semester satu pada beberapa pembelajaran. Pada semester dua dan seterusnya, mereka akan dipisah dari kelas regulernya dan dikolompokkan dengan sesama peserta didik yang teridentifikasi memiliki bakat akademik spesial.

Agar program ini berjalan dengan baik, perlu satu kesepahaman antara pihak sekolah dengan orang tua. Kesepahaman dari kedua belah untuk menciptakan satu visi dan misi antara sekolah dengan orang tua dalam tujuan, manfaat, peluang, bentuk, teknik dan model dalam program layanan khusus KBDR.

Untuk itu sekolah mengundang orang tua calon peserta didik KBDR hadir ke sekolah. Dengan tujuan sosialisasi pemaparan program layanan khusus kepada para orang tua peserta didik calon KBDR. Acara dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 7 November 2021 bertempat di Aula lantai 2.

Di hadapan wali murid, Drs. Sukarman sebagai kepala sekolah menyampaikan terimakasih kepada para wali murid yang telah berkenan menghadiri undangan. Dilanjutkan penyampaian beberapa program sekolah termasuk layanan khusus KBDR serta menjelaskan peringkat terkini SMAN 1 Sumenep secara nasional.

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

Selanjutnya Pemaparan disampaikan oleh bapak H.Junaidi M.Pd selaku penanggungjawab program KBDR. Dalam paparannya H. Jun menjelaskan secara gamblang kepada para orangtua tentang program KBDR. Dijelaskan bahwa KBDR merupakan kelompok belajar yang nantinya akan beda dan terpisah dari kelas reguler atau kelas biasanya. Jika di tengah perjalan ada peserta didik yang terpantau mengalami penurunan kompetensi akademik, maka akan dikembalikan ke kelas reguler. Perekrutan peserta didik KBDR jurusan MIPA didasarkan pada perolehan nilai mapel matematika wajib, matematika minat, fisika, kimia dan biologi. Sedangkan jurusan IPS mengacu pada perolehan nilai mata pelajaran matematika, ekomoni, geografi, sosiologi juga sejarah. Masing-masing peserta didik calon KBDR setiap

jurusan harus memiliki nilai minimal 83. Evaluasi pembelajaran dalam bentuk penilaian akhir semester program KBDR dilakukan setiap tiga bulan. Peserta didik KBDR akan mendapatkan guru baru juga jadwal baru yang berbeda dengan kelas reguler.

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

Sebagai akhir pemaparan, waka kurikulum menyampaikan tentang perlunya kesamaan visi dari sekolah, peserta didik dan orang tua. Orang tua diharapkan bisa memberikan motivasi dan dorongan semangat kepada anaknya agar tetap semangat dalam belajar sehingga tetap berada di KBDR dan tidak kembali ke kelas reguler. Acara sosialisasi dihadiri oleh semua orang tua peserta didik calon KBDR. Diakhir penyampaian diadakan sesi tanya jawab dari orang tua dengan pihak sekolah. Acara berlangsung dengan suasana akrab dan semangat kerjasama.

Leave a Comment