Jum’at 29 Oktober 2021 Aula Said Abdullah SMAN 1 Sumenep gemuruh dengan lantunan Shalawat Nabi diiringi tabuhan Hadrah Al-Banjari Nuril Anwar SMAN 1 Sumenep.

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

Persatuan Darma Wanita (DWP) SMAN 1 Sumenep mengadakan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara dihadiri boleh seluruh anggota DWP SMAN 1 Sumenep dan seluru guru pengajar di SMAN 1 Sumenep.

Acara dihadiri oleh Ketua DWP Cabdin Wilayah Kab. Sumenep Hj.Juharatik Syamsul Arifin dan ajarannya. Ketua DWP SMAN 1 Sumenep Ibu Hj. Hafidatun N. Sukarman beserta seluruh pengurus.

Acara dibuka dengan pembacaan Bismillah dipimpin oleh pembawa acara. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Al-Qur’an oleh Ibu Erfatil Hasanah. Selanjutnya dilanjutkan dengan pembacaan shalawat Nabi dengan qiyam dipimpin Hadrah Al-Banjari Nuril Anwar. Shalawat menggema sangat syahdu dengan tabuhan Hadrah Al-Banjari. Semua yang hadir melantunkan syair shalawat pada Nabi Muhammad dengan tulus sembari berharap bertemu dan berkumpul dengan Nabi Muhammad kelak di akhirat.

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sambutan dari kepala sekolah SMAN 1 Sumenep Drs. Sukarman selaku pembina DWP. Dalam sambutannya, kasek menyampaikan bahwa peringatan Maulid Nabi merupakan ekspresi cinta pada Nabi. Setelah cinta kepada Nabi maka kita akan mengikuti dengan ikhlas, tulus dan dan sebang terhadap ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

 

Acara berlanjut dengan Hikmah Maulid Nabi berupa penyampaian ceramah agama oleh KH. Dr. Taufikurrahman yang juga alumni SMAN 1 Sumenep. Dalam ceramahnya dia menyampaikan salah satu sifat Allah yang dinisbahkan pada Nabi Muhammad SAW yaitu ghafururahim yang artinya pemaaf dan kasih sayang. Beliau mudah memaafkan kepada semua orang dan tidak pilih-pilih orang. Semua yang bersalah terhadap Nabi dimaafkan dan dicintai, itulah satu sifat Nabi yang harus dimiliki oleh umat Nabi Muhammad SAW kata Ustad Taufik. Acara Maulid Nabi diakhiri dengan panjatan doa dipimpin oleh penceramah.

Sebelum acara selesai undangan yang hadir dihibur dengan penampilan musik religi. Sebuah perform musik islami dengan iringan musik mini orkestra pimpinan Bapak Adi Manyono tampil memukau. Lagu Aghistna Ya Rasulullah dinyanyikan oleh vokalis Nasywa menghibur undangan menambah rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW

Leave a Comment