Kabar membahagiakan datang di akhir bulan Oktober 2021. Tidak hanya membahagiakan, tapi juga membanggakan. Peserta didik SMAN 1 menjadi juara dalam lomba Festival Literasi Semarak Bulan Bahasa dan Hari Jadi Kabupaten Sumenep 2021.

Di ajang yang digelar oleh MGMP Bhs. Indonesia SMA/SMK Kab. Sumenep pada Selasa 26 Oktober peserta didik SMAN 1 Sumenep menang di dua lomba, diantaranya juara dua lomba Video Pendek dengan tema “Ayo Bervaksin”, dan juara satu Lomba Stan Literasi dengan Mading Tiga Dimensi.

Dok. HUMAS Smansa

Video pendek berupa pesan ajakan ayo bervaksin merupakan garapan Hamdi dengan tim. Video pendek tersebut menceritakan tentang kondisi kabupaten Sumenep yang sepi dari pengunjung wisata karena adanya PPKM. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap pelaku pariwisata di kabupaten Sumenep. Diharapkan agar program vaksin bisa menciptakan kekebalan bersama sehingga pariwisata bisa dibuka kembali tanpa pembatasan. Pada akhirnya kehidupan normal lagi, masyarakat kembali beraktivitas seperti sedia kala, perekonomian bangkit dan semua lini kehidupan kembali pulih.

Dok. HUMAS Smansa

Stan Literasi didesain dan dibangun oleh eskstra jurnalistik dengan mengangkat tema Sumenep Kota Keris. Di dalam stan, di tengah-tengah Stan terdapat ornamen keris dari busa dengan bentun dan warna estetik juga magis. Mading 3-D mengangkat tema Pesisir Sumenep dengan laut dan perahu. Mading tiga dimensi itu semakin menarik dengan latar “labeng mesem” yang terkenal di lokasi keraton Sumenep. Selain itu, stan dilengkapi dengan pojok buku dengan jejeran buku karya peserta didik. Serta pernak- pernik karya siswa baik busana daur ulang, topeng, lukisan dan lain-lain.

Drs. Sukarman selaku Kepala Sekolah SMAN Sumenep menyambut baik prestasi yang telah diraih oleh peserta didik. Sukarman memberikan apresiasi terhadap kerjakeras semua peserta didik yang telah memberikan kemenangan. Sebagai wujud nyata, kepala sekolah menyerahkan semua hadiah kepada para pemenang.

Panitia Festival Literasi menyediakan hadiah yang cukup besar bagi para pemenang. Juara satu Stan Literasi dan juara dua Video Pendek mendapatkan hadiah berupa tropi piala, uang pembinaan dan Tabungan Emas dari Pegadaian Sumenep

Leave a Comment