Awal minggu ini, Senin 1 November 2021, SMAN 1 Sumenep kedatangan tamu istimewa yaitu Kepala Kejaksaan Negeri Sumenep dan Wakil Bupati Sumenep. Dua tokoh itu hadir bersama di Aula Said Abdullah.

Kepala Kejaksaan Negeri Sumenep ( Kejari ) Adi Tyogunawan hadir ke SMAN 1 Sumenep untuk memberikan edukasi tentang hukum kepada peserta didik. Hadir ditengah- tengah peserta didik dalam acara Jaksa Menyapa Jaksa Masuk Sekolah. Sebuah program kreatif dari Kejari Sumenep untuk memberikan edukasi hukum kepada peserta didik di sekolah.

Dok. HUMAS Smansa

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sumenep Ibu Hj. Dewi Khalifah, Kabag Umum Setda Pemkab Sumenep Drs. Moh. Khalid , M.Si. Hadir pula Kepala Cabang Dinas wilayah Kabupaten Sumenep Syamsul Arifin, S.Pd, M.Si, juga Drs. Sukarman selaku Kepala SMAN 1 Sumenep. Dan tentunya sang penggagas dan pemilik program Jaksa Menyapa Jaksa Masuk Sekolah Kepala Kejari Sumenep Bapak Adi Tyogunawan.

Acara diawali dengan seremonial pembukaan dengan beberapa kata sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh tuan rumah Drs. Sukarman selaku Kepala SMAN 1 Sumenep. Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat datang kepada semua tamu yang hadir di SMAN 1 Sumenep. Beliau juga menyampaikan bahwa saat ini sekolah masuk dan melaksanakan pembelajaran di kelas dengan komposisi kelas 50%. Sistem itu dibagi dalam dua sesi, sesi satu dan sesi dua. Ditambahkan pula bahwa sebenarnya peserta didik ingin masuk 100%, namun karena berbenturan dengan aturan PPKM hal itu tidak bisa dilaksanakan.

Dok. HUMAS Smansa

Selain itu, drs. Sukarman juga menyampaikan prestasi yang telah diraih oleh peserta didik SMAN 1 Sumenep. Dua peserta didik yang tergabung dalam satu tim diantaranya Nasywa dan Ranov berhasil meraih juara 2 pada ajang kompetisi riset internasional di Brasil. Kemudian kompetensi berlanjut ke Amerika. Pada kompetisi riset di Amerika kedua peserta didik tersebut diberikan penghargaan beasiswa belajar di negara Amerika.

Ibu Hj. Dewi Khalifah sebagai Wakil Bupati Sumenep tampil memberikan sambutan pada acara Jaksa Menyapa Jaksa Masuk Sekolah di SMAN 1 Sumenep. Dalam sambutan Wabub membuka dengan sebuah lagu Bahasa Inggris berjudul Mother How Are You Today. Menurut Wabub lagu itu sangat memotivasi semenjak kecil. Lagu itu merupakan ucapan terimakasih seorang anak pada seorang ibu yang telah banyak memberikan pengorbanan pada anak-anaknya. Bapak Kajari Sumenep yang hobi menyanyi dan bermain gitar tersebut langsung mengajak Wabub untuk bernyanyi bersama, diiringi petikan gitar dari Kajari. Suasana menyanyi bersama Wabub dan Kajari memeriahkan suasana di aula. Mereka yang hadir khususnya peserta didik, bernyanyi bersama dengan ibu Wabub.

Selanjutnya Wabub menceritakan penggalan kisah hidupnya semenjak kecil. Diantaranya beliau memiliki cita-cita menjadi dokter sehingga beliau berencana untuk belajar di SMAN 1 Sumenep. Tapi, cita-cita itu tidak tercapai, sebab Tuhan memiliki rencana lain. Akhirnya beliau melanjutkan belajar di pondok pesantren.

Dok. HUMAS Smansa

Di akhir sambutannya Wabub berpesan pada semua peserta didik yang hadir agar belajar yang tekun dan menggantungkan cita-cita setinggi langit. Sebab kalau pun jatuh akan berada di deretan bintang-bintang. Sebagai penutup, Wabub memberikan keterangan kepada media bahwa ia memberikan apresiasi dan menyambut baik acara ini dalam memberikan edukasi pada peserta didik. Selanjutnya beliau berharap bahwa acara seperti ini tidak hanya dari kejaksaan, melainkan juga dari penegak hukum lainnya seperti Polri.

Acara berlanjut pada sesi presentasi dari Kajari tentang edukasi hukum kepada para peserta didik yang hadir. Kajari menyampaikan materi dengan model interaktif sehingga berjalan menarik dan disambut meriah oleh seluruh peserta. Kajari menyampaikan materi tentang hukum, keadilan dan kebijaksanaan. Semua itu disampaikan dengan santai, menarik, dan diselingi bernyanyi. Disela menyampaikan materi Kajari mengajak peserta untuk berkomunikasi dan bertanya jawab. Kajari meminta peserta didik untuk menyampaikan pengetahuannya secara berani dan langsung terhadap materi yang disampaikan.

Pada acara Jaksa Menyapa Jaksa Masuk Sekolah, Kajari menyampaikan materi kurang lebih sekitar 103 menit. Dimulai pada pukul 10:30 dan berakhir pada 12:13 Wib. Acara sempat terpotong sekitar 15 menit untuk melaksanakan ibadah shalat duhur. Acara diakhiri dengan menyanyi bersama Kajari dengan semua peserta sebuah lagu berjudul Rumah Kita.

Di akhir acara Kajari Sumenep memberikan pesan berisi kata bijak kepada seluruh peserta didik yang hadir. Dalam Bahasa Inggris yang fasih dia berpesan: The student have to be strong, wake up earlies, student must be a wise.

Leave a Comment