Pekan Seni Olah Raga SMAN 1 Sumenep atau yang lebih dikenal dengan PORASMANSA kembali digelar oleh OSIS SMAN 1 Sumenep (OSISMANSA) di penghujung semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Selasa, 21 Desember 2021 pukul 19.00 WIB di Lapangan Indor KONI Sumenep.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa PORASMANSA adalah pesta olah raga akbar yang digelar oleh SMAN 1 Sumenep di akhir semester ganjil. Hal ini dimaksudkan sebagai agenda rekreatif bagi para pelajar SMANSA Sumenep setelah satu semester penuh mengikuti proses KBM yang cukup menyerap banyak energi dari otak kiri. Maka hal itu butuh relaksasi usai jadwal Penilaian Akhir Semester.

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

PORASMANSA rutin digelar setiap tahun di waktu antara proses remedial dan penyelesaian nilai rapor oleh guru. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa SMAN 1 Sumenep yang sudah 3 tahun mempraktikkan sistem kredit semester (SKS) yang berbasis ketuntasan dalam proses pembelajarannya, sehingga membutuhkan extra time untuk memberikan pelayanan bagi peserta didik yang termasuk pada kelompok belajar lambat. Proses layanan belajar dan remedial inilah yang kemudian dikemas dalam istilah semester pendek. Sebelum akhirnya para peserta didik SMANSA Sumenep akan menerima rapor hasil belajarnya satu semester ini. Di tengah deraan proses belajar pada semester pendek inilah, PORASMANSA menjadi oase bagi peserta didik SMANSA Sumenep.

Zaki, begitu panggilan akrabnya, ketua pelaksana kegiatan ini menjelaskan bahwa PORASMANSA dilaksanakan dengan tujuan untuk menjadi media rekreasi sekaligus wadah untuk mengembangkan bakat siswa-siswi SMANSA Sumenep.

“Tujuannya untuk mengembangkan potensi bakat yang dimiliki siswa-siswi SMAN 1 Sumenep dalam non akademik yaitu bidang olah raga. Ini juga sudah merupakan program kerja tahunan OSISMANSA”, ujarnya.

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Pada seremonial pembukaan PORASMANSA 2021 itu hadir bapak Drs. Sukarman selaku Kepala SMAN 1 Sumenep, Drs. Moh. Hasan, M.Si, para pembina OSIS beserta dewan guru SMAN 1 Sumenep. Sementara para peserta PORASMANSA hadir melalui perwakilan kelasnya masing-masing. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan (Proskes) COVID-19 secara ketat, mengingat hingga hari ini pandemi masih menyelimuti negeri.

Malam itu, acara seremonial pembukaan PORASMANSA 2021 berlangsung semarak. Sudah 2 tahun semenjak pandemi melanda negeri, aktivitas pendidikan menjadi sangat terbatas. Termasuk kegiatan kesiswaan seperti PORASMANSA, harus dilaksanakan secara terbatas. Namun di tahun ini, api PORASMANSA kembali dihadirkan sebagaimana tahun-tahun sebelum pandemi, sebagai simbolik rasa semangat dan sportivitas dalam gelaran pertandingan yang akan berlangsung ke depan hingga hari penutupan tiba.

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Bedanya, gelaran upacara pembukaan PORASMANSA di tahun-tahun sebelum pandemi pelaksanaannya dilakukan pada pagi hari di lapangan terbuka KONI Sumenep dengan formasi penuh seluruh peserta didik dan dewan guru SMANSA Sumenep. Pada tahun ini PORASMANSA dilakukan di lapangan indoor dengan pembatasan kehadiran peserta 5 orang untuk setiap kelas.

Perhelatan kompetisi olah raga antar kelas di SMANSA Sumenep ini ditandai dengan dinyalakannya api PORASMANSA oleh Kepala SMAN 1 Sumenep, Drs. Sukarman, bersama-sama perwakilan angkatan 2022, 2023, 2024, dan OSISMANSA. Prosesi menyalakan api PORASMANSA ini diiringi dengan pelepasan kembang abi dan bom asap aneka warna. Tata cahaya yang memukau juga menambah kesan megah dan meriahnya acara pembukaan PORASMANSA 2021.

Kemeriahan pembukaan PORASMANSA 2021 ini seolah membawa ingatan kita pada kemegahan PORASMANSA di tahun-tahun sebelum pandemi. Dalam sambutannya, Drs. Sukarman menyampaikan,

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

“Saya sangat bangga atas kinerja OSIS tahun ini yang berusaha keras untuk merealisasikan program kerjanya. Khususnya kegiatan PORASMANSA ini. Kita tahu bahwa hari ini kita masih dalam keadaan pandemi yang semuanya masih serba terbatas dan dibatasi. Semoga adanya pembatasan jumlah perwakilan kelas di acara pembukaan ini tidak mengurangi antusiasme kalian semua dalam berkompetisi. Selamat berkompetisi!”

Dalam kesempatan itu, Drs. Sukarman juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wa.Ka. Kesiswaan dan Pembina OSIS atas pembinaan atas pendampingannya kepada anggota OSIS dari mulai persiapan hingga nanti akhir kegiatan.

“Kepada bapak Hasan selaku Wa.Ka. Kesiswaan beserta jajarannya, terima kasih atas bimbingan dan pendampingannya dalam persiapan acara ini hingga nanti seluruh rangkaian kegiatan selesai dilaksanakan.”

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Pesta olah raga SMANSA Sumenep ini direncanakan akan berlangsung hingga 31 Desember 2021. Adapun cabang olah raga yang dipertandingkan di antaranya: futsal, basket, bulu tangkis, tenis meja, catur dan e-sport (mobile legends dan PUBG). Zaki, ketua pelaksana kegiatan ini berharap PORASMANSA dapat memupuk rasa solidaritas antar peserta didik SMAN 1 Sumenep.

“Semoga PORASMANSA ini dapat menjadi wadah kreativitas, pengembangan bakat, memumupuk rasa solidaritas, dan sportivitas para siswa-siswi SMAN 1 Sumenep”, ungkapnya.

Leave a Comment