Satu lagi prestasi membanggakan dipersembahkan oleh siswa-siswa SMAN 1 Sumenep. Persembahan prestasi kali dalam ranah penyampaian adu gagasan dan argumentasi Bahasa Indonesia.

Tim Debat tersebut adalah Moh. Gozi Hafifillah, Amalia Nasywa Shafira dan Deme Wahyuni. Ketiganya berhasil menjadi juara satu dalam pagelaran Lomba Debat Bahasa Indonesia 2022 yang digelar oleh OSIS SMAN 1 Sumenep di aula Said Abdullah. Mereka tampil percaya diri dan meyakinkan di hadapan tiga dewan juri.

Dok. Humas SMANSA

Seluruh peserta dalam lomba debat ini berjumlah 32 tim. Tim Debat SMA 1 Sumenep tampil di final berhadapan dengan Tim Debat SMAN 1 Batuan. Adapun mosi yang diperdebatkan “Pemadaman Lampu Penerang Jalan sebagai Tindakan Efektif Menekan Lonjakan Kasus Corona”. Kedua tim tampil habis – habisan dan mengeluarkan semua kemampuan retorikanya hingga detik akhir waktu debat

Dibabak pertama tim Debat SMANSA berhasil mengalahkan tim An- Nuqayyah A. Sedang babak kedua menundukkan tim dari SMAN Kalianget A. Pada babak ketiga berhasil menyingkirkan tim Debat SMAN Arjasa B. Fase partai puncak berhasil mendahului perolehan angka dari Tim Debat SMAN 1 Batuan serta berhasil menduduki tahta juara I.

Moh. Gozi selaku ketua tim menyampaikan bahwa tidak menyangka kalau dia bersama timnya akan menjadi juara. Jago retoris yang duduk di bangku kelas XII S1 ini setiap kali bertemu dengan guru selalu senantiasa didoakan oleh guru agar menang dan menjadi juara.

Dok. Humas SMANSA

Sementara Ibu Hj. Halimatussuriyah selaku guru pembina sangat senang dan kaget saat mendengar bahwa tim Debat binaannya menjadi juara. Guru bahasa Indonesia yang biasa dipanggil Ibu Iim itu langsung memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT. Kerja kerasnya berhari-hari membimbing anak didik disela waktu mengajar terbayar lunas.

Atas prestasi yang diraihnya, tim Debat SMAN 1 Sumenep berhak atas penghargaan berupa piala tropi, sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp. 750.000,00. Semua penghargaan diterima langsung oleh tim Debat SMAN 1 Sumenep di atas pentas kehormatan. Diserahkan oleh panitia melalui Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Sumenep Drs. Moh. Hasan dalam prosesi pengumuman serta penyerahan hadiah pemenang.

Sebagai info tambahan, Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat SMA Se- Kab. Sumenep merupakan hajatan perdana dalam program kerja OSIS SMAN 1 Sumenep. Ajang ini sangat bermanfaat bagi para siswa yang memiliki kompetensi dalam beradu gasan dan argumentasi. Menjadi media penyaluran bakat siswa dalam menggali ide cemerlang yang bermanfaat dan sebagai solusi dari setiap problematika di tengah kehidupan. Lomba ini tidak hanya sekedar beradu gagasan dan argumentasi. Jauh lebih penting dari itu adalah mencari solusi dari berbagai permasalahan. Demikian ungkapan yang disampaikan oleh Hari Nurdi sebagai sambutan penutupan lomba mewakili kepala sekolah yang berhalangan hadir.

Leave a Comment