Bulan Ramadhan adalah bulan kegemberiaan dan kebagiaan. Juga merupakan bulan mempererat jalinan kasih sayang sesama makhluk Allah SWT. Selain itu Ramadhan merupakan bulan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Untuk itu sangatlah pantas bulan Ramadhan disambut dengan kebahagiaan dan suka cita.

Dalam rangka menyambut hadirnya bulan Ramadhan dengan suka cita dan bahagia, SMAN 1 Sumenep menggelar Semarak Lomba Islami yang disingkat dengan SELAMI SMANSA. Sebuah acara keislaman dengan berbagai gelaran lomba. Di antaranya lomba Tahfidz tingkat SMP dan SMA, dan lomba Da’i tingkat SMA.

Dok. Human SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Acara SELAMI SMANSA dilaksakan oleh OSIS yang berkolaborasi dengan Remaja Mushalla At-Taqwa SMAN 1 Sumenep. Bertempat di SMAN 1 Sumenep dengan memanfaatkan ruang aula dan kelas. Acara digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu (26-27/03/2022).

Rahmat Maulana Fatahillah selaku Ketua Pelaksana mengatakan bahwa acara digelar selama dua hari. Diikuti oleh peserta sebanyak 105 siswa SMP dan SMA di Sumenep dan Pamekasan. Maulana merinci bahwa Lomba Da’i diikuti sebanyak 16 peserta, lomba Tahfidz dikuti oleh 47 peserta tingkat SMP dan 42 peserta tingkat SMA.

Hari pertama (Sabtu) lomba Tahfidz bagi SMA, dan lomba Da’i tingkat SMA. Hari kedua (Minggu) lomba Tahfidz tingkat SMP serta penutup sekaligus penyerahan hadiah bagi pemenang lomba.

Dok. Human SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Drs. Sukarman selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Sumenep dalam sambutannya dihadapan para peserta menyampaikan beberapa hal. Dia menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada panitia yang telah bekerja keras dan bekerjasama demi terlaksana acara SELAMI SMANSA dengan baik. Dia juga menambahkan bahwa terjadi perubahan nama acara dari yang sebelumnya bernama GEMA RAMADHAN menjadi SELAMI RAMADHAN (Semarak Lomba Islami).

“Semangatnya sama yaitu menyambut bulan Ramadhan dengan suka cita, serta syiar Islam terkait bulan Ramadhan”, ujar Sukarman.

Kepada seluruh peserta yang hadir di aula , Sukarman berpesan agar berkompetisi secara sportif dan fair. Kalau seandainya tidak juara janganlah putus asa atau patah semangat. Banyak kegiatan yang serupa di tempat lain yang bisa diikuti dan berpeluang menjadi juara.

Achmad Fahmi Sakbani pelajar asal MAN Sumenep peserta lomba Tahfidz mengaku bahwa ia ditunjuk oleh guru mengikuti lomba Tahfidz. Baginya tidak ada persiapan khusus mengikuti acara ini. Dia merasa grogi dan tegang selama tampil di hadapan penilai. Muhammad Arif Risqullah peserta Tahfidz asal SMAN 2 Sumenep mengatakan bahwa mengikuti lomba ini untuk menguji kemampuan hafalan. Dia benar-benar hafal atau hanya sebatas hafal saja. Persiapan yang dilakukan yaitu latihan muraja’ah dengan saudara sepupunya menggunakan perangkat video call.

Sedangkan Alfin Riska Ramadhani peserta lomba Da’i asal MAN Sumenep. Baginya mengikuti acara ini untuk mengembangkan potensi diri dan yakin terhadap bakat ceramah yang dimiliki. Dia mengucapkan terimakasih kepada SMAN 1 Sumenep yang telah memberikan kesempatan berupa lomba Da’i. Dalam mengikuti lomba ini dia melakukan persiapan dengan berlatih dibimbing oleh guru di sekolah.

Satu peserta da’i asal SMAN 1 Sumenep Ivan Firdaus mengungkapkan alasan mengikuti lomba Da’i. Menurut Ivan ilmu itu penting, tidak hanya yang diajarkan di sekolah. Ilmu agama jangan ditinggalkan, tetap diusahakan untuk keseimbangan dunia dan akhirat.

Dok. Human SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Berdasar pantauan di lapangan selama dua hari penyelenggaraan, kedua  lomba berlangsung semarak, tertib dan lancar. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti lomba dari awal hingga akhir. Juri sebagai tim penilai masing-masing lomba merupakan profesional di bidangnya.

Setelah melalui proses penilaian yang ketat dari juri, akhirnya panitia menetapkan para pemenang atau juara dari masing-masing lomba. Berikut distribusi kejuaraan SELAMI RAMADHAN 2022:

Lomba Da’i

Juara 1. Sitti Nor Aini (SMA Sayyid Yusuf- Sumenep)

Juara 2. Muhannan (SMA Tahfidz Darul Ulum – Pamekasan)

Juara 3. Ifan Nur Firdaus (SMAN 1 Sumenep)

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Lomba Tahfidz SMP

Juara 1. Fikran Nadhif Billah (SMPN 1 Bluto)

Juara 2. Dewi Maysaroh (MTsN 1 Sumenep)

Juara 3. Dewi Afriani (SMPN 1 Sumenep)

Lomba Tahfidz SMA

Juara 1. Achmad Farhan (SMA Tahfidz Darul Ulum- Pamekasan)

Juara 2. Abdul Wafi (SMA Tahfidz Darul Ulum- Pamekasan)

Juara 3. Muhammad Aditya Maksum (SMAN 1  Sumenep).

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Tepat pukul 14:00 wib pada hari kedua penyelenggaraan (Sabtu, 27/03/2022) acara SELAMI RAMADHAN 2022 ditutup oleh Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Sumenep, Drs. Moh. Hasan, M.Si. Dalam sambutan penutup ia menyampaikan rasa syukur kepada Allah karena acara telah selesai dengan sukses, tertib dan lancar. Ia menyampaikan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah telah berpartisipasi pada lomba Da’i dan lomba Tahfidz. Ia menambahkan bahwa hasil penilaian yang telah dilakukan dewan juri bisa dipertanggung jawabkan.

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Selanjutnya dilakukan penyerahan hadiah  kepada seluruh juara oleh Guru Pembina OSIS dan Remush At-Taqwa SMAN 1 Sumenep. Seluruh juara mendapatkan hadiah berupa piala, piagam penghargaan dan sejumlah uang pembinaan. [Syafiuddin Syarif]

Leave a Comment