SMAN 1 Sumenep kembali menggelar Ajang Kecerdasan Majemuk (ADAM) tahun 2022. Setelah sekira dua kali penyelenggaraan ditiadakan dan dibatasi sebab pandemi, kini ADAM bisa dilaksanakan kembali secara normal tanpa pembatasan. Sejatinya ajang merupakan kompetisi atau perlombaan akademik sebagai wadah bagi peserta didik SMP/ MTs untuk mengembangkan bakat akademik sesuai bidang yang diminati.

Terdapat lima ajang yang diperlombakan. Matematika Logis, Natural, Intra- Personal, Linguistik Indonesia dan Linguistik Inggris. Kelima ajang merupakan perlombaan yang terpisah serta berdiri sendiri. ADAM tahun ini diikuti oleh 333 peserta.

Dok. Humas Smasna

ADAM 2022 digelar selama dua hari, Rabu dan Kamis (29-30/3) bertempat di SMAN 1 Sumenep. Ajang kecerdasan akademik ini menggunakan tiga kali tahapan atau babak. Tahap satu merupakan tahap penyisihan. Pada babak penyisihan seluruh peserta mengerjakan soal pilihan yang disajikan melalui tablet model intranet. Sepuluh peserta nilai tertinggi akan ditetapkan sebagai peserta semi final di tahap dua. Pada babak semi final seluruh peserta mengerjakan soal model esai yang harus dikerjakan secara cepat dan benar.

Selanjutnya tahap tiga yaitu final. Lima peserta terbaik seleksi tahap dua akan masuk pada babak final. Pada babak final lima peserta presentasi dihadapan tim penilai. Khusus Ajang Natural dilakukan penilaian praktek berupa uji laboratorium.

Setelah tiga tahapan dilalui, maka panitia akan menetapkan juara atau pemenang dari masing-masing jenis ajang. Terdapat tiga juara yaitu 1, 2, dan 3, serta juara harapan 1 dan 2. Seluruh pemenang atau juara setiap ajang akan mendapatkan tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Dok. Humas Smansa

M. Hari Nurdi selaku ketu pelaksana mengungkapkan bahwa penyelenggaraan ADAM pada tahun berbeda dari tahun sebelumnya. “Pada ADAM tahun yang lewat peserta hanya berasal dari Kabupaten Sumenep. Penyelenggaraan ADAM tahun ini diikuti peserta dari Sumenep, Pamekasan, Sampang dan dari Sidoarjo” ungkap Hari Nurdi.

Lelaki tambun yang juga menjabat Waka Kurikulum menambahkan bahwa ADAM 2022 digelar model paper less. Peserta tidak mendapatkan soal yang disajikan di atas lembaran kertas. Seluruh peserta mengerjakan soal menggunakan tablet yang telah disediakan oleh panitia. Soal disajikan melalui tampilan tablet diakses lewat jaringan intranet yang disiapkan panitia setiap ruang seleksi. Dan hal lain yang beda adalah model soal yang disajikan di setiap ajang menggunakan soal model AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum.

Setelah melewati babak final, akhirnya panitia menetepkan juara di masing-masing ajang. Adapun juara dari masing- masing ajang sebagai berikut:

JUARA ADAM 2022

  • AJANG MATEMATIKA LOGIS
    No Nama Asal Sekolah Juara
    1. Nanang Chosim Maulidi  SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan 1
    2. Bintang Ramadhan Alamsyah  SMPN 2 Pamekasan 2
    3. Akh. Arifal Mulki Maulana SMPN 1 Sumenep 3
  • NATURAL
    No Nama Asal Sekolah Juara
    1. Anindita Saya Safira SMPN 1 Pamekasan 1
    2. Ayn Al Qodiy Dzikri R MTsN 3 Pamekasan 2
    3. Abiyu Lingga Rasendrya SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan 3
  • INTRA-INTERPERSONAL
    No Nama Asal Sekolah Juara
    1. Desi Riskiyani SMPN 1 Saronggi 1
    2. Dina Ayu Ramadhani SMPIT Al-Hidayah Sumenep 2
    3. Muhammad Unais MtsN 3 Pamekasan 3
  • LINGUISTIK INDONESIA
    No Nama Asal Sekolah Juara
    1. Annisa Aulia Rosyida SMPN 1 Sumenep 1
    2. Dealuna Meylistiyan SMPIT Al-Hidayah Sumenep 2
    3. Muhammad Faruq ubaydillah SMPIT Al-Hidayah Sumenep 3
  • LINGUSTIK INGGRIS
    No Nama Asal Sekolah Juara
    1. Nur Aisyah Aprilia Putri SMPN 1 Sumenep 1
    2. Mark Jhonson Prasetia SMPK Santo Yusup 2
    3. Ayako Cahaya Rani MtsN 2 Pamekasan 3
  • Acara ADAM 2022 ditutup oleh Kacabdin Sumenep H. Syamsul Arifin, M.Pd. Setelah itu dilanjutkan penyerahan hadiah kepada para juara. Seluruh juara mendapatkan tropi, sertifikat dan uang pembinaan

    Leave a Comment