Bertepatan dengan hari tellasan topak ( hari raya ketupat) SMAN 1 Sumenep menggelar Purnawiyata tahun 2022. Acara ini merupakan perayaan pelulusan sekaligus pelepasan peserta didik kelas XII SMAN 1 Sumenep. Diselenggarakan di gedung KOPRPRI Sumenep pada hari Senin (9/05).

Acara dimulai dari pukul delapan pagi. Diawali dengan kirab peserta memasuki ruangan. Diawali oleh Kepala Sekolah dan seluruh Wakasek berserta para wali kelas. Seluruh peserta mengikuti dari belakang. Kepala Sekolah, Wakasek dan Wali kelas duduk di atas panggung. Sedangkan peserta purnawiyata duduk di kursi yang disiapkan di bagian tengah ruangan.

Setelah bersama menyanyikan lagu Indonesia, acara berlanjut pada pembacaan Surat Keputusan (SK) Kelulusan. Pembacaan SK Kelulusan dibacakan oleh H.Junaidi selaku Waka Kurikulum. Dalam Surat Keputusan disebutkan bahwa seluruh peserta didik kelas XII SMAN 1 Sumenep sebanyak 255 dinyatakan lulus.

Dok. Humas Smansa

Kemudian pembawa acara memanggil satu persatu peserta didik naik ke atas panggung untuk dilakukan pengalungan piagam dan penyerahan sertifikat lulus dan lembaran nilai. Pengalungan piagam dilakukan oleh kepala sekolah Drs. Sukarman. Seluruh peserta naik ke atas panggung mendapat pengalungan piagam oleh kepala sekolah disaksikan oleh para Wakasek, Wali kelas, guru dan seluruh undangan.

Berlanjut pada acara pengumuman peserta didik berprestasi akademik dan non akademik. Terdapat lima kategori, yaitu akademik nilai, olahraga, seni, tahfidz dan organisasi. Lima peserta naik ke atas panggung untuk menerima sertifikat yang diserahkan oleh Kacabdindik wilayah Sumenep Syamsul Arifin. Kelima peserta didik berprestasi tersebut adalah Mohammad Usman kategori Nilai IPA, Moh. Ghozi kategori Nilai IPS. Juga Safara kategori Seni dan Kamilah kategori olah raga. Terakhir adalah Mohammad Aditya Maksum kategori Tahfidz.

Selanjutnya Kacabdindik wilayah Sumenep memberikan sambutan. Dalam sambutannya Kacabdin menyampaikan selamat kepada seluruh peserta didik yang dinyatakan lulus semua. Dan selamat juga terhadap peserta didik yang telah diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur SBMPTN 2022.

Dok. Humas Smansa

Setelah itu seluruh peserta dan tamu undangan dihibur dengan berbagai penampilan oleh peserta didik SMAN 1 Sumenep. Diantaranya musik tongtong Ragzi, Mini Orkestra juga tari tradisional. Seluruh peserta purnawiyata, tamu dan undangan sangat terhibur oleh beberapa penampilan. Semakin menarik dan seru dengan tata lampu yang memukau ditambah semburan asap kabut.

Sebagai terakhir, acara ditutup oleh kepala sekolah. Secara resmi kasek menutup dengan mengetok palu sebanyak tiga kali. Setelah itu kepala sekolah, Wakasek dan Wali kelas turun dari panggung. Selanjutnya sesi foto bersama seluruh kelas XII dengan wali kelas serta kepala sekolah.

Acara Purnawiyata SMAN 1 Sumenep tahun 2022 dihadiri oleh berbagai undangan. Diantara undangan yang hadir adalah Kacabdindik wilayah Sumenep Syamsul Arifin, Kasi SMA/SMK Caddindik Sumenep Syaiful Bahri, Koordinator Pengawas SMA M. Rusli serta beberapa Komite Sekolah. Turut hadir juga sebagai undangan yaitu Kepala Desa Pabian Zulfikar Ali Mustakim.

Panitia purnawiyata tahun ini tidak mengundang wali murid seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebab masih dalam pembatasan masa Pandemi. Acara tetap berlangsung meriah dan dihadiri oleh hampir semua peserta didik kelas XII yang telah dinyatakan lulus.

Leave a Comment