Kadisdik Provinsi Jawa Timur Ir. Wachid Wahyudi merasa kagum terhadap raihan prestasi siswa SMAN 1 Sumenep. Peristiwa ini dirasakan saat beliau mengunjungi stan bazar SMAN 1 Sumenep pada acara Pameran Prestasi Sekolah.

Dok. Humas SMANSA

Musyawarah Kepala Sekolah SMA Negeri (MKKS) se-Madura mengadakan rapat koordinasi. MKKS SMA Negeri Kabupaten Sumenep ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan acara Rapat Koordinasi Kepala Sekolah SMA se-Jawa Timur. Acara ini digelar pada hari Jumat 10 Juni 2022 bertempat di Graha Adi Poday jalan Trunojoyo Sumenep.

Dihadiri oleh seluruh kepala sekolah SMA negeri se-Jawa Timur. Turut hadir pula orang nomer satu di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yaitu Ir. Wachid Wahyudi sebagai kepala dinas beserta jajarannya.

Satu rangkaian dengan acara Rapat Koordinasi, dilaksanakan pula acara bazar berupa Pameran Prestasi Sekolah. Semua sekolah yang berpartisipasi memamerkan semua prestasi yang telah diraih agar diketahui dan mendapat apresiasi dari seluruh masyarakat. Bisa berupa pestasi akademik atau non akademik.

Semua sekolah SMA negeri bisa berprestasi dalam acara bazar pameran prestasi sekolah tersebut. Tidak hanya SMA negeri di Kabupaten Sumenep, tetapi SMA negeri kabupaten lain di Madura bisa juga berpartisipasi. Ada juga penerbit buku yang turut andil dalam pameran tersebut.

Dok. Humas SMANSA

“Sejatinya, semua SMA negeri se-Madura bisa berpartisipasi. SMA 2 Pamekasan satu-satunya SMA luar Kabupaten Sumenep” terang Sukarman selaku Kasek SMAN 1 Sumenep. “Bahkan ada stan khusus SMA Terpadu sebagai wadah bagi SMA kepulauan di Sumenep” tambah Sukarman sebagai Kasek yang berpartisipasi pada pameran.

Acara Rapat Koordinasi MKKS SMA se-Jatim diawali dengan pameran prestasi. Terdapat sembilan SMA dan penerbit buku yang turut serta. Diantaranya, SMAN 1 Sumenep, SMAN 2 Sumenep, SMAN 1 Batuan, SMAN 1 Bluto, SMAN 1 Kalianget, SMAN 1 Lenteng, Penebit Erlangga dan SMAN 2 Pamekasan juga SMA Terpadu Kepulauan.

Pameran dimulai dari pukul 15:00 wib bertempat di area parkir Graha Adi Poday. Acara pameran banyak didatangi pengunjung terutama siswa dan para guru. Acara pameran prestasi terus berlangsung sampai malam hari.

Pukul 20:00 wib Kadisdik Provinsi Jatim Bapak Wachid tiba di Graha Adi Poday. Seluruh MKKS Sumenep berjejer di pelataran Graha Adi Poday menyambut kedatangan Kadisdik Jatim. Setelah disambut dengan ucapan Selamat Datang, kemudian dipasangkan penutup kepala berupa udeng (songkok motif batik khas Sumenep). Juga diserahkan cinderamata khas Sumenep berupa keris oleh pangeran dan putri keraton Sumenep.

Kadisdik Jatim Bapak Wachid datang ke acara didampingi istri. Turut pula bersama rombongan beberapa pejabat di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Setelah penyambutan Kadisdik langsung menuju ke area bazar. Kadisdik bersama istri mengunjungi dan masuki masing-masing stan bazar. Melihat dan menanyakan satu persatu-satu perihal yang dipamerkan untuk mendapat penjelasan.

Kadisdik Jatim mengunjungi stan bazar SMAN 1 Sumenep pada urutan nomer dua. Disambut oleh dua siswa sebagai pemandu stan juga Kasek. Bersama istri Kadisdik melihat dan menanyakan segala hal yang dipamerkan. Pemandu memberikan penjelasan lengkap kepada Kadisdik.

Dok. Humas SMANSA

Giliran di stan SMAN 1 Sumenep Kadisdik merasan kekaguman. Beliau kagum dan salut terhadap produk dan prestasi siswa SMAN 1 Sumenep. Awalnya Kadisidik ditunjukkan majalah sekolah yang semuanya hasil liputan siswa tanpa campur tangan guru. Beliau juga kagum terhadap beberapa buku hasil karya siswa yang berhasil diterbitkan dan ber-ISBN. Yang terlebih beliau kagum dan hampir tidak percaya setelah disampaikan oleh pemandu bahwa siswa SMAN 1 Sumenep berhasil menjuarai riset di Brasil dan Amerika.

“Wah, SMAN 1 Sumenep juara riset di Brasil dan Amerika!” Kadisdik Jatim merasa suprise terhadap penjelasan dari siswa yang memandunya. Beliau langsung ditunjukkan dengan medali yang diraih dari perlombaan kedua riset tersebut.

Puas mengunjungi stan SMAN 1 Sumenep, akhirnya Kadisdik Provinsi Jatim hendak berpindah mengunjungi stan lainnya. Beliau berfoto bersama istri di depan stan SMAN 1 Sumenep sebelum bergegas keluar mengunjungi stan lainnya.

Hari Nurdi selaku koordinator tim bazar SMAN 1 Sumenep menyampaikan bahwa ia sangat puas terhadap kegiatan pameran prestasi ini. Walaupun persiapannya sangat singkat SMAN 1 Sumenep berhasil menampilkan yang terbaik. “Sekolah kita banyak pengalaman dalam penyelenggaraan kegiatan bazar seperti pekan literasi dan hari jadi” tegas Hari Nurdi.

Leave a Comment