Festival Musik Antar Kelas atau yang lebih dikenal dengan FMAK kembali digelar oleh OSIS SMAN 1 Sumenep. Sebelumnya, festival musik yang diselenggarakan untuk para peserta didik di lingkungan internal SMAN 1 Sumenep ini sempat vakum 2 tahun selama masa pandemi COVID-19. Kegiatan unjuk kemampuan musikalitas yang sudah lama dirindukan oleh para peserta didik ini sukses digelar kembali di tahun 2022 ini.

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep
Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

“Kegiatan ini menjadi penanda bahwa pandemi telah berlalu, dengan demikian kegiatan pembelajaran dan kesiswaan kembali normal’, ungkap bapak Hari Nurdi, S.Pd.—yang dalam hal ini mewakili Kepala SMAN 1 Sumenep yang berhalangan hadir—dalam sebuah sambutan seremonial pembukaan FMAK 2022. Pada kesempatan tersebut beliau juga membuka acara dan tak lupa memberi semangat kepada para peserta FMAK 2022.     

“Dengan mengucapkan bismillahi rohmani rohim, FMAK 2022 dinyatakan dimulai. Selamat berkompetisi!”

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep
Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

FMAK 2022 diselenggarakan selama 2 hari, yaitu Sabtu-Minggu, 18-19 Juni 2022 di Aula Said Abdullah Hall SMAN 1 Sumenep dengan mengusung tema “Imajinasi Nada dalam Mesin Waktu”. Kegiatan yang digelar sebagai penanda berakhirnya proses pembelajaran di semester genap ini diikuti oleh sebanyak 20 group band. Peserta dari group band kelas X dan group band kelas XI. Hari pertama adalah babak penyisihan dimana setiap group band membawakan sebuah lagu pilihan yang telah ditentukan oleh panitia. Seremonial pembukaan dan babak penyisihan berlangsung dari jam 08.00 hingga 14.30 WIB. Babak penyisihan ini menghasilkan 5 kelompok band yang akan lolos ke babak selanjutnya, yaitu babak grand final.

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep
Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

Babak grand final dan seremonial penutupan diselenggarakan di hari kedua, yaitu Minggu 19 Juni 2022. Babak ini dibuka oleh penampilan group band kolaborasi OSIS dan MPK SMAN 1 Sumenep. Acara berlangsung pada pukul 19.30 hingga 21.15 WIB dengan menampilkan para finalis yang terdiri dari 5 kelompok band, yakni band asal kelas X MIPA 5, X MIPA 3, X MIPA 2, XI MIPA 6 dan XI MIPA 4.  Acara berlangsung dengan cukup meriah yang ditandai hingar-bingar tepukan tangan dan teriakan dari para penonton untuk memberi dukungan group band idolanya.

Keseruan itu semakin memuncak ketika acara sampai pada pengumuman hasil penjurian. Hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para peserta dan pendukungnya. Hasil penjurian menyatakan bahwa pemenang FMAK 2022 jatuh pada kelas X MIPA 5 sebagai juara 1, XI MIPA 6 sebagai juara 2 dan kelas XI MIPA 4 sebagai juara 3. Selain itu, ada pemilihan instrument terbaik dan vokal terbaik. Dua kategori tersebut diraih oleh kelas X MIPA 5 untuk kategori instumen terbaik, sedangkan vokal terbaik diraih oleh kelas XI MIPA 6 atas nama Moh. Firman.

Kepala SMAN 1 Sumenep, Drs. Sukarman sangat mengapresiasi kegiatan ini meskipun masih terlihat ada beberapa kekurangan, terutama pada kesiapan para peserta final.

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep
Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

“Saya sangat bersyukur dapat hadir di acara penutupan ini, sehingga dapat merasakan keseruannya. Meskipun masih terdapat kekurangan pada para finalis terutama dalam kesiapan membawa lagu, hal itu masih bisa dimaklumi karena kalian bukanlah pemain band professional. Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi. Selamat bagi para pemenang!”, pungkasnya.

Pada kesempatan itu, bapak Drs. Sukarman juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para pemenang berupa piala, piagam dan uang pembinaan.

Leave a Comment