Sebanyak 360 Peserta Didik Baru SMAN 1 Sumenep mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2022 – 2023. MPLS dilaksanakan selama tiga hari mulai hari Senin tanggal 18 sampai 21 Juli. Jeda satu hari yaitu tanggal 19 untuk pelaksaan tes Diagnostik.

MPLS dibuka secara langsung oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Sumenep Drs. Sukarman. Upacara pembukaan digelar di halaman depan sekolah dengan format upacara. Turut hadir bersama kepala sekolah yaitu para Wakasek dan asisten, guru serta TAS.

Dok. Humas SMANSA

Berdiri di hadapan seluruh peserta MPLS, kepala sekolah memberikan sambutan perdana dan membuka MPLS secara sederhana. Ia mengawali sambutan dengan mengucapkan selamat datang kepada seluruh Peserta Didik Baru SMAN 1 Sumenep. Kemudian memperkenalkan diri nama dan alamat tinggal.

Kasek Sukarman berpesan kepala seluruh Peserta Didik Baru agar mengikuti seluruh kegiatan MPLS secara sungguh-sungguh dan semangat. ” Seluruh Materi MPLS sangat bermanfaat bagi peserta baik dalam pembelajaran di sekolah ataupun saat peserta didik berada di luar sekolah” pesan Sukarman.

Dok. Humas SMANSA

Hari pertama materi Implementasi Kurikulum Merdeka oleh Wakasek Kurikulum SMAN Sumenep H.Junaidi, M.Pd. Juga materi Narkoba dari BNK Sumenep dan materi Keimanan dan Ketaqwaan oleh Achmad Darwis Sutejo, S.PdI. Terakhir materi Keorganisasian oleh Pembina OSIS Ach. Fansuri Basar, M.Pd.

Pada hari kedua materi Pendidikan Karakter dan Tata Tertib Sekolah oleh Asisten Wakasis Agus Setia S.Pd. Dilanjutkan dengan materi Manfaatnya dan Dampak Teknologi Informasi. Serta Demonstrasi Ekstra Kurikuler.

Hari ketiga penyampaian materi Sarana dan Prasarana Sekolah oleh Wakasarpras Halimurrahman, M.Pd. Disambung dengan materi Kenakalan Remaja dari POLRES Sumenep. Acara terakhir di hari ketiga adalah Penutupan MPLS 2022.

Dok. Humas SMANSA

Sebelum pelaksanaan MPLS digelar Pra MPLS. Pra MPLS dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 15 & 16 Juli. Hari pertama Pra MPLS berisi penyampaian materi Kepemimpinan oleh Bambang Priambudi, S.Pd. Dilanjutkan dengan Pelatihan Baris Berbaris dari KODIM 0827 Sumenep. Sedang ari kedua MPLS pemberian materi tentang Ekstrakurikuler dan Pemaparan tentang MPLS.

Pantauan pelaksanaan MPLS pada hari pertama seluruh peserta mengikuti kegiatan dan materi dengan semangat dan ceria. Aula terlihat penuh dan gemuruh oleh suara peserta ketika meneriakkan yel penyemangat oleh pemateri disela acara berlangsung.

Leave a Comment