Inovasi tiada henti dilakukan oleh SMAN Sumenep. Sekolah negeri terfavorit di Kabupaten Sumenep ini selalu melakukan gebrakan yang patut dicontoh oleh sekolah lain. Baik dalam pengelolaan, penyelenggaraan serta pemberian layanan pendidikan kepada masyarakat khususnya peserta didik.

Dimulainya tahun ajaran 2022/2023 SMAN 1 Sumenep menyelenggarakan tes psikologi terhada siswa. Tes ini secara khusus diberlakukan kepada siswa yang secara resmi telah dinyatakan sebagai peserta didik baru di SMAN 1 Sumenep. Sekitar 360 siswa mengikuti tes ini.

Dok. Humas SMANSA

Tes psikologi siswa wajib dilakukan terutama oleh sekolah penyelenggara Sistem Kredit Semester (SKS). Siswa yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata bisa menempuh pendidikan lebih cepat kurang dari tiga tahun. Namun, hanya siswa tertentu yang memiliki kecerdasan tinggi yan yg dibuktikan dari hasil tes psikologi.

Tak kalah pentingnya adalah dalam rangka implementasi kurikulum baru yang diluncurkan oleh Kemendikbud &Dikti yaitu Kurikulum Merdeka (KuMer). KuMer secara resmi diberlakukan mulai tahun ajaran 2022/2023. Salah satu ciri yang membedakan adalah model layanan pembelajaran di kelas.

Dalam KuMer pelayanan pembelajaran di kelas oleh guru dilaksanakan dengan model Deferensiasi. Dimana guru mengajar di kelas dengan memfasilitasi belajar siswa berdasar gaya belajarnya. Ada gaya Auditif, yaitu gaya belajar dengan media indera pendengaran. Gaya visual, merupakan kecenderungan belajar dengan mengutamakan indera penglihatan. Sedangkan kinestetik yaitu gaya belajar dengan praktik langsung atau adanya gerakan.

Selain dua hal di atas, tes psikologi berguna untuk pemetaan peminatan siswa terhadap pelajaran. Dalam KuMer di level SMA tidak ada lagi penjurusan, yang ada adalah peminatan. Setiap siswa memilih pelajaran berdasar minat dan bakat yang dimiliki untuk tujuan masa depannya. Hasil tes psikologi menjadi rekomendasi kuat dan legal untuk mengarahkan siswa dalam memilih pelajaran tertentu.

Atas dasar tiga hal di atas maka SMAN 1 Sumenep menyelenggarakan tes psikologi melakukan kolaborasi bekerjasama pihak luar. Lembaga yang dipilih adalah Pusat Terapan Psikologi Pendidikan (PTPP) Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Dok. Humas SMANSA

Kepala Sekolah SMAN 1 Sumenep, Sukarman, menjelaskan bahwa sengaja memilih PTPP Unair karena telah berpengalaman melakukan tes psikologi dengan lembaga tersebut. Disampingi itu Unair merupakan PTN terkenal dan favorit di Jawa Timur dan Indonesia. Sehingga hasil tes psikologi sangat akurat, qualified dan tidak perlu diragukan.

Tes psikologi dilaksanakan di SMAN 1 Sumenep pada hari Selasa tanggal 19 Juli 2022. UTPP Unair menurunkan satu tim berjumlah 18 orang. Tim diketuai oleh Ibu Eri selaku staf marketing UTPP Unair.

Ibu Eri mengungkapkan bahwa tes psikologi ini bertujuan untuk memetakan minat, bakat dan gaya belajar siswa. Agar hasilnya maksimal seluruh peserta harus dalam keadaan fit atau sehat. Jika peserta dalam keadaan sakit, sangat tidak direkomendasikan mengikuti tes psikologi. Sebab hasil tes kurang maksimal. Dianjurkan untuk mengikuti tes psikologi susulan yang teknis pelaksanaannya diserahkan pada pihak SMAN 1 Sumenep.

“Sebelum mengikuti tes psikologi siswa dipastikan dalam keadaan fit atau sehat. Istirahat atau tidur yang cukup, serta tak lupa telah sarapan” tutur Ibu Eri.

Berdasar pantauan tes psikologi berlangsung lancar dan tanpa adanya kendala apapun. Seluruh siswa mengikuti seluruh tahapan tes dari awal hingga akhir. Tampak siswa sangat antusias dan semangat tinggi serta rasa ingin tahu, sebab bagi kebanyakan siswa tes psikologi yang diselenggarakan oleh SMAN 1 Sumenep merupakan pertama kalinya bagi siswa.[Syafiuddin Syarif]

Leave a Comment