Pemerintah mencanangkan pemberlakukan kurikulum baru pada tahun ajaran 2022-2023. Kurikulum yang diluncurkan oleh Kemendikbud&Ristek adalah Kurikulum Merdeka (KuMer). Semua lembaga penyelenggara pendidikan wajib melaksanakan KuMer dengan kemampuan masing-masing lembaga.

Dok. Humas Smansa

Layaknya sebuah perubahan pasti perlu persiapan. Persiapan dilakukan untuk mengetahui dan memahami secara konsep dan teknis terhadap kurikulum baru tersebut. Pengetahuan dan penguasaan hadirnya kurikulum baru sebagai bekal guru untuk mengimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Untuk membekali guru agar memiliki pemahaman dan pengetahuan konsep dan teknis KuMer SMAN 1 Sumenep mengadakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka ( IKM). Workshop wajib diikuti oleh semua guru pengajar secara khusus pengajar Fase E (Kelas X).

Workshop diadakan dengan menghadirkan pemateri yang sangat kompeten dan memiliki kualifikasi di bidang Kurikulum terutama KuMer. Tidak hanya satu kali, workshop dilakukan berkali-kali. Tujuan-tujuan agar guru memiliki pemahaman utuh, menyeluruh dan dalam terhadap KuMer. Sehingga akan mudah dalam implementasi pada pembelajaran di kelas

Dok. Humas SMANSA

Workshop pertama dilaksanakan pada hari Minggu dan Senin tanggal 19-20 Juni 2022. Diundang sebagai pemateri yaitu bapak Rusly M.Pd selaku Pengawas SMA Cabdin Kab. Sumenep. Workshop diadakan di sekolah.

Kedua, workshop digelar bertempat di Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Kota Batu Jawa Timur . Workshop kedua dilaksanakan selama dua hari tanggal 3 & 4 Juli 2022. Sekolah mengundang pemateri dari BBGP Dr. Kusno untuk membuka pengetahuan dan pemahan guru terhadap KuMer.

Kegiatan ketiga berupa Bimbingan Teknis (Bimtek) KuMer. Menghadirkan Ibu Rif’atul Fikriyah S.Pd, S.Hum, M.Pd dari BBGP sebagai pemateri. Bimtek ini lebih fokus pada program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Dok. Humas SMANSA

Terakhir, SMAN 1 Sumenep menghadirkan Ibu Andrityas SE., M.Si dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Sumenep. Kegiatan terakhir merupakan upaya kolaborasi pendampingan dari DLH Kab.Sumenep terhadap SMAN 1 Sumenep dalam program P5. Tema yang dipilih adalah Kehidupan Berkelanjutan dengan kegiatan Daur Ulang Sampah.

Ibu Euis Nordiana selaku asisten Kurikulum SMAN 1 Sumenep memberikan keterangan terhadap workshop Implementasi Kurikulum yang dilaksanakan. “Tujuan dilaksanakan workshop dan Bimtek Kurikulum Merdeka adalah untuk menyiapkan segala hal yang terkait implementasi kurikulum khususnya dari guru pengajar” terang Ibu Euis.[Syafiuddin Syarif]

Leave a Comment