SMAN 1 kedatangan tamu istimewa. Tamu tersebut merupakan seorang anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Madura yaitu H. Ahmad Nawardi, S.Ag. Anggota DPR RI itu datang ke SMAN 1 Sumenep dalam rangka acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Hari Rabu tanggal 27 Juli 2022 Ahmad Nawardi datang ke SMAN 1 Sumenep. Ia datang beserta rombongan dan disambut oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Sumenep Drs. Sukarman. Didampingi oleh Waka Humas dan Pembina OSIS. Sebelum acara dimulai sosialisasi dimulai Ahmad Nawardi istirahat sejenak dan berbincang-bincang santai di ruang Kasek.

Dok. Humas SMANSA

Acara Sosialisasi dimulai pada pukul 12:00 wib bertempat di Aula Said Abdullah SMAN 1 Sumenep. Peserta sosialisasi berjumlah 70, terdiri Ketua Kelas dan Wakil dari 30 kelas, ditambah dari OSIS dan MPK SMAN 1 Sumenep. Turut mendampingi siswa selama acara yaitu Waka Humas dan Pembina OSIS.

Dihadapan peserta sosialisasi Ahmad Nawardi menjelaskan tentang Empat Pilar Kebangsaan. Ia menjelaskan tentang realitas negara Indonesia yang heterogen atau majemuk. Diperlukan pemahaman sebagai pengikat agar masyarakatnya hidup rukun berdampingan dengan toleransi demi menjaga keutuhan NKRI. Selanjutnya Ahmad Nawardi menjelaskan tentang fungsi dan perjalanan Empat Pilar dalam dinamika NKRI.

Seluruh peserta mengikuti sosialisasi dengan semangat dan antusias tinggi. Sosialisasi disampaikan dengan gaya komunikatif disertai tanya jawab. Semua pertanyaan yang diajukan oleh anggota DPD RI dijawab dengan baik dan benar oleh peserta. Sesekali Ahmad Nawardi memberikan hadiah berupa uang kepada peserta yang berani menjawab secara benar. Selain itu, seluruh peserta mendapat buku Empat Pilar dari MPR RI.

Selesai acara sosialisasi Ahmad Nawardi mengadakan audensi serap aspirasi dengan guru. Serap aspirasi dilaksanakan di lobi kepala sekolah. Dihadiri oleh beberapa guru PNS dan GTT serta kepala sekolah.

Ahmad Nawardi memberikan keterangan kepada media SMAN 1 Sumenep. Ia menyampaikan bahwa telah melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar kepada kepada siswa SMAN 1 Sumenep. Siswa mengikuti sosialisasi dengan antusias, semangat dan aktif serta semua pertanyaan dijawab dengan benar. Menurutnya ini merupakan wujud kepedulian siswa terhadap kebangsaan dan ketatanegaraan. Harapannya para siswa bisa mencintai bangsa dan tanah air Indonesia.

Dok. Humas SMANSA

Ia menambahkan bahwa kedatangannya ke SMAN 1 Sumenep dalam rangka Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan. Semua anggota MPR RI dari unsur DPR dan DPD melaksanakan sosialisasi kepada seluruh masyarakat Indonesian. Ia memilih melakukan sosialisasi kepada siswa sebab mereka adalah generasi muda yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan di negara jni. Ia mengucapkan terimakasih kepada guru dan kepala sekolah yang mendukung acara. Selanjutnya bisa dilaksanakan lagi dengan jumlah peserta yang lebih banyak

Saat ditanya mengapa memilih SMAN 1 Sumenep sebagai sasaran kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan? Ahmad Nawardi menjawab bahwa SMAN 1 Sumenep merupakan sekolah favorit di Kabupaten Sumenep dan di Madura. Memiliki prestasi bagus, rekam jejak luar biasa dan lulusannya banyak diterima di PTN di Jatim dan di Indonesia.

Saat perlu memberikan pemahaman Empat Pilar Kebangsaan kepada siswa SMA. Nantinya siswa itu akan kuliah di berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang beragam suku, adat, ras, agama dan bahasa. Agar bisa bersikap dan menempatkan diri dengan baik di tengah masyarakat sehingga secara mudah diterima dan menyatu dengan masyarakat.

Selain itu, sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang hidup bernegara. Membekali pemahaman agar ketika kuliah nanti tidak terkontaminasi oleh paham yang merusak terhadap kebangsaan seperti komunisme, radikalisme dan terorisme. Mereka taat dan setia terhadap falsafah hidup Pancasila.

Di bagian akhir Nawardi memberikan kesan dan pesan selama berada di SMAN 1 Sumenep. “Sekolah ini bersih dan ceria. Gurunya ramah dan sopan. Murid-muridnya tegas dan berani, menjawab semua pertanyaan dengan antusias. Hubungan guru dan murid terasa hangat” ujar Nahrawi. Ia menambahkan bahwa SMAN 1 Sumenep perlu meningkatkan raihan prestasinya sebagai pesan yang disampaikan kepada seluruh guru dan siswa SMAN 1 Sumenep.

Dok. Humas SMANSA

Sebelum pulang Ahmad Nawardi menyempatkan foto bersama dengan guru dan kepala sekolah. Ia mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan waktu yang telah diberikan. Selanjutnya ia bersalaman dengan seluruh guru dan kepala sekolah. Terus pamit pulang setelah mengucapkan salam.

Terhadap acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang dilakukan oleh anggota DPD RI asal Madura Ahmad Nawardi, Sukarman selaku kepala merasa berbangga. “Saya dan bangga, sebab baru kali ini sebagai guru dan sebagai kepala sekolah mendapat kunjungan dari anggota DPD RI. Semua aspirasi teman-teman sudah diserap oleh Bapak Ahmad Nawardi dan akan diperjuangkan” ujar Sukarman. “Banyak ilmu yang diperoleh oleh siswa peserta sosialisasi yang sebelumnya mereka tidak tahu” tambah Sukarman

Leave a Comment