Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, SMAN 1 Sumenep menggelar acara khusus dan berbeda dengan lainnya. Masih dalam rangkaian kegiatan PETTO BELLÂSÂN sebagai bentuk perayaan HUT RI tahun ini, SMAN 1 Sumenep menggelar acara Khataman Al-Qur’an dilanjutkan dengan Tumpengan. Acara dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 16 Agustus 2022.

Dok. Humas SMANSA

Acara Khataman dilakukan oleh seluruh siswa, guru juga TAS. Seluruh siswa menyelesaikan khataman Al-Qur’an perjuz di kelas masing-masing didampingi oleh wali kelas. Sedangkan guru dan TAS melaksanakan khataman di Aula. Khataman Al-Qur’an dilaksanakan model tadarus. Secara bergantian. Setiap siswa membaca Al-Qur’an. Sementara satu siswa membaca, siswa yang lain menyimak hingga selesai satu juz.

Acara diawali dengan sambutan oleh Kepala Sekolah. Dalam sambutannya Sukarman menyampaikan harapan agar para siswa dalam khataman membaca Al-Qur’an dengan sebaik-baiknya. Dia juga juga berharap agar semua yang membaca serta yang menyimak mendapatkan pahala serta memperoleh barokah Al-Qur’an.

Dok. Humas SMANSA

Selanjutnya pembacaan tawasul oleh bapak Zainul Fatah. Dari beberapa tawasul yang dibaca, pahala pembacaan dikhususkan di antaranya kepada para pemimpin Indonesia, pemimpin Kabupaten Sumenep, para kepala sekolah dan para guru yang pernah mengabdi dan bertugas di SMAN 1 Sumenep.

Setelah itu para siswa mulai melaksanakan khataman di kelas masing-masing. Para wali kelas mendampingi siswa dan turut serta membaca Al-Qur’an bergantian dengan siswa. Begitupun para guru dan TAS melaksanakan pembacaan khataman Al-Qur’an di aula.

Berdasar pantauan penulis berita, seluruh siswa melaksanakan khataman baca Al-Qur’an dengan hidmat dan khusuk. Para siswa membaca secara bergiliran. Yang lain menyimak sambil meneliti kebenaran dalam pembacaan. Jika terjadi salah baca maka siswa lain mengoreksi dengan pembacaan yang benar. Wali kelas juga turut mendampingi dan menunggu giliran membaca seraya menyimak para siswa yang giliran membaca.

Dok. Humas SMANSA

Setiap kelas dibagi dua kelompok berdasar jenis kelamin. Kelompok laki-laki dan kelompok perempuan. Setiap kelompok menyelesaikan khataman pembacaan Al-Qur’an berdasarkan yang telah ditetapkan. Ada juga satu kelas yang jadi satu kelompok. Mereka menjadi satu dan bersama-sama dalam kelompok besar menunggu giliran baca dan menyimak siswa lain yang sedang membaca.

Pembacaan khataman Al-Qur’an diakhiri dengan pembacaan doa khatam Al-Qur’an. Pembacaan doa khatam Al-Quran dipimpin oleh bapak Zainul Fatah dari ruang guru dengan pengeras suara yang langsung tersambung ke semua kelas. Para siswa meng-amin-kan dari kelas masing-masing.

Terakhir, seluruh siswa menikmati sajian nasi tumpeng secara bersama-sama. Nasi tumpeng bernuansakan HUT RI dengan aksesoris bendera merah putih atau pita warna merah putih. Seluruh siswa menikmati sajian nasi tumpeng dan makan secara bersama-sama di kelas.

Seluruh siswa menikmati acara Khataman Al-Qur’an. Mereka juga mengabadikan momen itu dengan berswafoto bersama dengan wali kelas.

Leave a Comment