Satu lagi prestasi membanggakan dipersembahkan oleh siswa SMAN 1 Sumenep. Raihan prestasi itu dari ranah Non Akademik bidang seni musik. Sebuah ajang seni musik bertajuk Lomba Menyani dan Festival Band Mencintai tanpa Dicintai dalam Ajang Bupati Cup 2022.

PAO Band terpilih dan ditetapkan oleh panitia sebagai Best Performance dalam ajang festival band tersebut. PAO Band berhasil mengalahkan beberapa group band dari sekolah lain dan bersaing dengan group bang umum juga mahasiswa. Atas prestasi yang diraih, panitia memberikan penghargaan kepada PAO Band berupa tropi piala, bingkisan dari BRI Sumenep, sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp. 1.500.000,00.

PAO Band meriupakan group band yang semua personilnya merupakan siswa SMAN 1 Sumenep. PAO Band sebuah grup band dibentuk dan berada di bawah manajemen GUMSA (Gudang Musisi SMANSA. GUMSA merupakan ekstra kurikuler musik khusus siswa SMAN 1 Sumenep yang memiliki minat dan bakat dalam seni musik khususnya genre band.

Dok. Humas SMANSA

Pada gelaran Lomba Menyanyi dan Festival Band Mencintai tanpa Dicintai Bupati Cup 2022 menampilkan dua lagu. Satu lagu wajib dan satu lagi pilihan bebas. Lagu wajib berjudul Mencintai tanpa Dicintai karya Ach.Fauzi Bupati Sumenep. Sedangkan lagu pilihan yang dibawakan oleh PAO Band berjudul Pudar karya Rosa.

PAO Band tampil memukau dengan aransemen musik yang berbeda dari aslinya. Aransemen musik yang berbeda dan pembawaan vokal mampu menyihir para dewan juri dan penonton di lapang RRI Sumenep. Lagu Pudar yang dinyanyikan mampu menghipnotis dan membawa para penonton bernyanyi bersama-sama. Pada bagian sebelum berakhir vokalis dan personil lainnya mengajak semua penonton bersama-sama bertepuk tangan ke arah mengikuti irama hentakan bunyi drum.

Dok. Humas SMANSA

Pembina GUMSA Hairus “peceng” Sabilla selaku pembina GUMSA memberikan komentar terhadap prestasi anak bimbingannya. Guru IT sekaligus sebagai progamer dan konsultan IT yang juga memiliki hobi bermain musik ini mengatakan bahwa sangat bangga. Ia tidak mengira bahwa akan terpilih sebagai Best Performance sebab persiapan yang mepet dan banyak berbenturan dengan kegiatan sekolah. Guru muda yang biasa dipanggil dengan sapaan “peceng” ini menyampaikan bahwa ia sempat kaget sebab anak bimbingannya tidak hanya bersaing dengan sesama band sekolah, tetapi harus bersaing dengan band umum termasuk mahasiswa.

“Untuk ajang kedepannya harus lebih dipersiapkan lagi. Dan anak-anak harus lebih disiplin, giat serta serius dalam berlatih” ujar Hairus Sabilah.

Sementara Sherin sebagai vokalis pada group PAO Band mengungkapkan bahwa prestasi ini sangat membanggakan bagi dia dan personil lainnya. “Semoga prestasi ini terus berlanjut pada ajang musik yang lain” ungkap Sherin.

Penyerahan hadiah kepada seluruh juara pilihan juri diberikan dan disaksikan langsung oleh Bapak Fauzi selaku Bupati Sumenep. Turut juga Sekda Sumenep Edy Rasiadi serta Kepala Dinas Kominfo Sumenep. Setelah penyerahan hadiah semua pemenang termasuk PAO Band foto bersama dengan bupati Sumenep. Turut hadir mendampingi dan menyaksikan penerimaan hadiah pada PAO Band Wakahumas SMAN 1 Sumenep yaitu bapak Hari Nurdin beserta satu guru IT bapak Syahrul Yoga.

Leave a Comment