Salah satu gelaran turnamen bola basket nomer wahid tingkat pelajar se-Madura kembali digelar. Turnamen itu bernama Kompetisi Bola Basket SMAN 1 Sumenep, yang lebih populer dengan sebutan KOBASMANSA. Ceremonial pembukaan KOBASMANSA dilaksanakan pada hari Minggu, 4 September 2022 sekitar jam 15.00 WIB.

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Pembukaan itu dihadiri oleh Ketua Umum KONI Kabupaten Sumenep, Ketua PERBASI Kabupaten Sumenep, pihak sponsor, Ka.Sie. SMA Disdik Jawa Timur Wilayah Sumenep dan tentu saja Kepala SMAN 1 Sumenep beserta jajaran di bidang kesiswaan. Nampak para penonton cukup antusias menyambut gelaran KOBASMANSA ini, sebab sudah 2 vakum selama 2 tahun. Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya penonton yang sudah hadir dan memenuhi tribun sebelum acara dimulai. Ketua pelaksana, Ahmad Albani Khairizzaki menjelaskan dalam sambutannya,

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

“Alhamdulillah, pada tahun ini kami mendapatkan izin dari pihak terkait untuk melaksanakan kegiatan ini setelah 2 tahun pandemi”, jelasnya. Jadi wajar saja jika acara ini sangat dirindukan dan dinanti.

Sementara Ketua Umum KONI Sumenep, bapak Sutan Adi Cahyadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada SMAN 1 Sumenep dalam sambutannya.

“Pada kesempatan ini saya mengucapkan banyak terima kasih kepada SMAN 1 Sumenep yang telah membantu menyediakan wadah bagi pelajar untuk menyalurkan bakat di bidang olah raga, khususnya bola basket”, ungkapnya.

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Drs. Sukarman, Kepala SMAN 1 Sumenep, yang sekaligus menjadi penanggung jawab kegiatan ini menyampaikan pesan sportivitas yang harus dijunjung oleh semua tim yang berlaga.

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

“KOBASMANSA adalah ajang persahabatan antar pelajar. Jadi meskipun sifatnya adalah kompetisi, saya harap semuanya bisa bermain fairplay. Apabila terjadi kendala teknis di dalam lapangan, saya harap bisa diselesaikan di lapangan, bukan di luar lapangan”, pungkasnya.

Kompetisi ini diikuti oleh 43 tim dari semua jenjang (SMP dan SMA). Rinciannya sebagai berikut: 12 tim putra jenjang SMA/SMK; 11 tim putri jenjang SMA/SMK/MA; 7 tim putra jenjang SMP/MTs; 13 tim putri jenjang SMP/MTs. Tim itu merupakan perwakilan dari 3 kabupaten di Madura, yakni Sumenep, Pamekasan dan Sampang.

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Pembukaan KOBASMANSA tahun 2022 dimeriahkan oleh penampilan ekstrakurikuler PASKIBRA “JOKOTOLE” SMAN 1 Sumenep. Acara ini dimulai secara simbolik dengan dilemparnya bola basket ke ring basket oleh Kepala SMAN 1 Sumenep didampingi oleh para undangan. Dan sebagai pertandingan pembuka, tim tuan rumah SMAN 1 Sumenep B versus tim basket SMKN 1 Kalianget.

Leave a Comment