Sabtu, 17 September 2022 malam tadi, clossing ceremony Kompetisi Bola Basket SMAN 1 Sumenep (KOBASMANSA) Tahun 2022 telah usai digelar. Helatan ini menandai berakhirnya serangkaian KOBASMANSA tingkat pelajar SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se-Madura.

Kompetisi Bola Basket tingkat pelajar se-Madura yang diikuti oleh total 43 tim itu berjalan sangat baik sepanjang pelaksanaannya selama 12 hari. Zaki, panggilan akrabnya, ketua pelaksana KOBASMANSA 2022 itu melaporkan dalam sambutannya tentang jumlah peserta dan tujuan kobasmansa.

“KOBASMANSA Tahun 2022 diikuti oleh 43 tim di tingkat SMP/MTs, SMA/SMK/MA dari Kabupaten Sumenep, Pamekasan dan Sampang”.

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

 Ia juga menyampaikan bahwa ajang olah raga bola basket yang cukup bergengsi di Madura ini sukses mencapai tujuannya, yaitu sebagai ajang solidaritas antar pelajar se-Madura.  Hal ini dapat dibuktikan dengan spotivitas yang ditunjukkan para pemain maupun supporter dari masing-masing tim. Sebagai penutup, ia juga berharap semua peserta dapat ikut serta kembalu di tahun depan.

“Semoga kita bisa berjumpa lagi tahun depan”, pungkasnya.

Para peserta, supporter dan penonton nampak membludak memenuhi tribun. Para peserta yang hadir di acara clossing ceremony ini tentu saja untuk menerima penghargaan berupa trophy dan uang pembinaan di puncak acara. Sementara para supporter dan penonton hadir untuk menjadi saksi keseruan acara dan tim kebanggaan mereka menerima penghargaan.

Turut hadir pula sebagai undangan di acara ini, yakni Kepala SMAN 1 Sumenep, Ka. Cab. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kab. Sumenep, Ketua KONI Kab. Sumenep, Ketua PERBASI Kab. Sumenep, pihak sponsor, dewan guru dan TAS SMAN 1 Sumenep.

Kepala SMAN 1 Sumenep, Drs. Sukarman, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Ka. Cab. Dindik Jatim Wilayah Sumenep, KONI, PERBASI, dan dukungan sponsor, sehingga acara KOBASMANSA 2022 berjalan sukses. Beliau juga menyampaikan permohonan maafnya kepada para peserta KOBASMANSA 2022 jika dalam pelaksanaannya masih terdapat banyak kekurangan.

Dalam kesempatan yang baik itu, bapak Sukarman juga menyampaikan bahwa SMANSA Sumenep berhasil mengawinkan dua gelar juara dari turnamen olah raga futsal dan basket dalam waktu yang berdekatan. Pada gelaran KOBASMANSA 2022 ini, tim tuan rumah, yaitu tim basket putra SMAN 1 Sumenep berhasil  keluar sebagai juara untuk tingkat SMA/ SMK/ MA. Hal ini tentu bukan sebuah kebetulan , melainkan upaya pembinaan yang luar biasa di tingkat internal.

“Alhamdulillah, SMAN 1 Sumenep pada bulan ini telah berhasil mengawinkan dua trophy kejuaan futsal dan basket. Oleh karena itu, mohon doa dan dukungan dari bapak Kacab dan semuanya, pada tahun ini tim basket SMANSA akan diikutkan di ajang SMA Award nanti.”

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Menanggapi permohonan doa dan dukungan dari kepala SMAN 1 Sumenep itu, Ka. Cab. Dindik Jatim Wilayah Sumenep, H. Syamsul Arifin, S.Pd., M.Si. dalam sambutannya, mempersilahkan dan mendukung sepenuhnya tim bola basket SMAN 1 Sumenep untuk berlaga di ajang SMA Award. Bahkan beliau juga mendorong SMAN 1 Sumenep untuk mengikuti cabang lomba lainnya di ajang tersebut.

Pada kesempatan itu pula, beliau juga menyampaikan ucapan selamat kepara para juara KOBASMANSA 2022. “Selamat dan sukses kepada semua tim basket yang menjadi juara di kompetisi ini. Semoga capaian ini dapat menjadi pemantik untuk lebih berprestasi”, pungkasnya.

Sementara Wakil ketua 1 KONI Kab. Sumenep, Bapak Kadir, menyampaikan terima kasih kepada SMAN 1 Sumenep karena telah ikut membantu KONI dalam pembinaan atlet.

“Banyak atlet Sumenep yg berasal dari SMAN 1 Sumenep. Bahkan beberapa atlet yang berhasil membawa pulang medali di ajang PORPROV tahun ini juga banyak yang berasal dari siswa SMANSA Sumenep”, ungkapnya dengan bangga.

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Berbeda dari pelaksanaan KOBASMANSA sebelumnya, clossing ceremony KOBASMANSA tahun 2022 ini sekaligus merayakan hari ulang tahun ke-62 SMAN 1 Sumenep. Oleh karena itu, usai sambutan, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Drs. Sukarman bersama Wakil Kepala SMAN 1 Sumenep. Potongan tumpeng pertama diserahkan oleh bapak Sukarman kepada H. Syamsul Arifin, S.Pd.,M.Si. selaku Ka.Cab. Dindik Jatim Wilayah Sumenep.

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Acara penutupan KOBASMANSA ini juga dimeriahkan oleh penampilan kolaborasi ekstrakurukuler SMAN 1 Sumenep berupa tari kreasi, musik tradisional thong-thong, dan atraksi obor. Setelah penampilan kolaborasi yang memukau itu, acara dilanjutkan dengan penyerahan pengharaan kepada para juara KOBASMANSA 2022.

Berikut ini adalah hasil kejuaraan KOBASMANSA 2022: 

SMP putra

  1. SMP Santo Thomas Pamekasan
  2. SMPN 1 Sumenep
  3. SMP 1 Sumenep
  4. SMP Santo Yusuf sumenep

SMP Putri

  1. SMPN 2 Sumenep
  2. SMPN 3 Pamekasan
  3. SMPN 1 Gapura
  4. SMP Santo Yusuf Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

SMA Putri

  1. SMAN 2 Sumenep
  2. MAN Sumenep
  3. SMAN 3 Pamekasan
  4. SMAN 1 Sumenep

SMA Putra

  1. SMAN 1 Sumenep
  2. SMAN 1 Sampang
  3. SMAN 3 Pamekasan
  4. SMAN 1 Pamekasan
Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Usai penyerahan penghargaan, acara dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Kepala SMAN 1 Sumenep dan pesta kembang api sebagai simbolisasi berakhirnya seluruh rangkaian acara KOBASMANSA Tahun 2022.

Leave a Comment