Sumenep. Tiada henti prestasi diraih oleh siswa SMAN 1 Sumenep. Prestasi kali ini di bidang non akademik berupa kejuaraan futsal tingkat SMA sederajat. Tim Futsal SMANSA Sumenep berhasil menduduki tahta mahkota juara pada gelaran HUMAS Futsal Championship 2022 pada Selasa (14/9/22).

Kompetisi futsal antar pelajar tingkat SMA ini digelar oleh organisasi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang asal Kabupaten Sumenep (HUMAS UMM). Tim futsal SMANSA Sumenep menurunkan dua tim, yaitu tim A dan Tim B. Tim A gugur dan harus pulang lebih awal di babak kualifikasi. Sedangkan Tim B berhasil melaju hingga babak final.

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep
Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

Pada babak final tim futsal SMANSA Sumenep harus melakoni pertandingan derby. Tim B SMANSA Sumenep menantang lawan asal satu kecamatan kota Sumenep, yaitu tim futsal SMADA Sumenep A. Sama dengan SMANSA tim futsal SMADA menurunkan dua tim, yaitu Tim A dan Tim B. Tim B asal SMADA tumbang pada masa penyisihan. Sedangkan Tim A SMADA Sumenep akhirnya melewati babak penyisihan hingga mencapai puncak kompetisi yaitu partai final berhadapan dengan tim futsal asal SMANSA Sumenep.

Partai el-clasico Sumenep ini berjalan secara alot. Sejak awal wasit menip pluit pertanda kick-off dimulai, kedua tim bermain hati-hati. Masing-masing tim sesekali melakukan penyerangan. Sempat terjadi jual jual beli serangan namun dengan intensitas rendah. Kedua tim bermain waspada sambil mencari dan memanfaatkan kelengahan tim lawan.

Pada babak pertama sebelum istirahat minum Tim B asal SMANSA berhasil membombardir kiper tim A SMADA. Tim B SMANSA berhasil membuat gol. Para pemain asal SMANSA menaikkan tensi pertandingan. Hasilnya, Tim B  SMANSA berhasil memasukkan bola sebanyak dua dan memaksa kiper asal SMADA mengambil bola dari gawangnya sendiri. Skor 2-0 untuk kemenangan Tim B SMANSA tetap hingga masa turun minum babak pertema.

Sadar tertinggal dua poin dari tim SMANSA, Tim A SMADA berusaha mengejar ketertinggalan dengan menaikkan tensi pertandingan dan mengambil inisiatif menyerang. Setelah berusaha keras Tim A SMADA berhasil membuat satu gol ke gawang SMANSA. Satu-satunya gol dari tim A SMADA disambut sorak gemuruh oleh supporter SMADA yg terlihat mendominasi bagian sisi pinggir lapangan.

Kebahagian Tim A SMADA tidak berlangsung lama. Setelah tim A SMADA berhasil memasukkan satu gol, Tim B SMANSA kembali menaikkan tensi serangan sambil memperketat ruang pertahanan. Pada akhir babak kedua tim B SMANSA berhasil memasukkan satu gol lagi. Gol ketiga SMANSA menyebabkan Tim A SMADA turun kepercayaan diri. Mereka mulai kehilangan semangat dan konsentrasi.

Wasit meniup pluit tanda permainan telah berakhir. Skor akhir 3-1 untuk kemenangan SMANSA dari SMADA. Pemain Tim B SMANSA merayakan kemenangan dengan mendekati supporter. Sedangkan Tim A SMADA tertunduk lesu dan merobohkan diri di tengah lapangan.

Selesai pertandingan coach futsal SMANSA M. Yunus memberikan keterangan ke media terkait keberhasilan anak asuhnya menjadi juara.

“Juara ini berhasil diraih oleh faktor latihan dan kemauan lebih dari para pemain. Pada pertandingan final ini saya minta kepada seluruh pemain untuk mengeluarkan seluruh skil individu, semangat dengan  strategi bermain.”

Coach M.Yunus mengungkapkan bahwa seluruh pemain berhasil menjalankan strategi yang diinstruksikan olehnya.  Dan itu adalah rahasia keberhasilan hingga berhasil menjadi juara.

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep
Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

Sedangkan Akbar selaku kapten tim menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala sekolah, guru, TAS dan seluruh supporter khususnya yang hadir mendukung di lapangan futsal TSI Sumenep. Akbar mempersembahkan kemenangan ini kepala almamater tercinta SMAN 1 Sumenep.

Drs. Sukarman kepala sekolah SMAN 1 Sumenep turut hadir ke lapangan futsal TSI Sumenep menonton dan memberikan semangat langsung kepada seluruh pemain. Sukarman menjelaskan bahwa sebelum berangkat menuju ke pertandingan babak final dia memanggil seluruh pemain ke ruang lobi kepala sekolah. Dia memberikan semangat agar tampil trengginas dan bermain spartan  dengan disiplin tinggi. Selain itu Sukarman menyampaikan bahwa sekolah mendukung sepenuhnya seluruh tim futsal dengan memberikan pendanaan untuk segala kebutuhan tim futsal SMANSA Sumenep.[Syafiuddin Syarif]

Leave a Comment