Sumenep. Gelaran kompetisi basket antar pelajar SMP dan SMA KOBASMANSA 2022 menggelar pertandingan final. Pertandingan puncak mempertemukan antara Tim Basket SMAN 1 Sumenep melawan Tim Basket SMAN 1 Sampang. Pertandingan final kategori SMA Putra digelar kemarin (Sabtu, 17/9/22).

Layaknya pertandingan final permain bernuansa panas, emosional dan menegangkan. Mengingat masing-masing tim bertekad ingin menjadi pemenang dan mendapat predikat gengsi sebagai sang juara.

Tim SMAN 1 Sampang sebagai tamu datang dengan membawa puluhan supporter. Supporter yang hadir dari Sampang rata-rata adalah pelajar sekolah tersebut. Juga terdapat beberapa guru yang turut mendampingi dan memberikan support pada muridnya yang bertanding.

SMAN 1 Sumenep sebagai tuan rumah tidak menyia-nyiakan momen final ini. Ratusan siswa sekolah ini hadir memenuhi seluruh sisi pinggir lapangan dan tribun di sekitar lapangan basket SMAN 1 Sumenep.

Suporter SMAN 1 Sampang sekalipun jumlahnya tidak mendominasi cukup mencari perhatian. Mereka bernyanyi, bersorak dan memberikan yel penyemangat pada tim kesayangannya. Nyanyikan dan gerakan atraktif tiada lelah ditampilkan disertai dengan bunyi tabuhan drum.

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Sedangkan supporter SMAN 1 Sumenep lebih menguasai dengan kelebihan jumlah. Tak mau kalah  dari suporter asal Sampang, suporter SMAN 1 Sumenep juga menampilkan berbagai nyanyian, yel serta gerakan penyemangat membakar gairah bertanding tim yang dibelanya. Tak hanya itu, suporter SMAN 1 Sumenep mencuri perhatian penonton yang tumpah dengan menampilkan maskot hidup berupa binatang musang memakai kostum basket. Juga menghibur penonton dengan menampilkan kesenian tradisional Sumenep berupa can-macanan lengkap dengan monyet.

Pertandingan final kategori SMA Putra KOBASMANSA di gelar di lapangan basket SMAN Sumenep. Pertandingan dimulai pada pukul 15:15 wib. Pertandingan dipimpin oleh wasit utama Ali, dibantu oleh asisten wasit 1 Gunawan dan dibantu asisten wasit 2 Dayat.

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Tim Basket SMAN 1 Sumenep tampil penuh dengan deretan permainan terbaiknya. Dipimpin oleh coach Bambang dan dibantu asistant coach Yoga. Sedangkan Tim Basket SMAN 1 Sampang juga datang dengan  squad tim andalan dan meyakinkan. Mereka dipimpin oleh coach Gunadi dan assistant coach Risky.

Sejak wasit meniup pertandingan dengan jump ball, kedua tim tampil menyerang. Keduanya ingin menampilkan yang terbaik dan menjadi pemenang sehingga memperoleh gelar juara. Terjadi saling serang dan terjadi saling mengejar perolehan angka.

Tim SMAN 1 Sampang tiada canggung dan secara berani keluar mengambil inisiatif menyerang. Mereka berkali-kali berhasil menembus daerah pertahanan Tim SMAN 1 Sumenep dan berhasil menciptakan poin. Setiap poin yang dihasilkan disambut teriakan dan tepuk tangan suporter Sampang.

Tim tuan rumah SMAN 1 Sumenep tidak mau pertahanannya dengan mudah dijebol oleh lawan. Mereka memperkuat pertahanan sekaligus juga mempertajam daya serang. Berkali-kali pemain SMAN 1 Sumenep berhasil mematahkan serangan dari SMAN 1 Sampang. Dan berkali-kali tim SMAN 1 Sumenep berhasil menjebol dan  memporak-porandakan daerah pertahanan lawan. Pundi-pundi poin perlahan berhasil dikumpulkan oleh Tim SMAN 1 Sumenep. Supporter tuan rumah berteriak gemuruh setiap tim kesayangannya berhasil memasukkan bola keranjang lawan.

Pada perempat pertama Tim SMAN 1 Sampang leading atas Tim SMAN 1 Sumenep dengan poin 10 melawan 7. Di perempat kedua Tim SMAN 1 Sumenep berhasil membalik keadaan mengungguli Tim SMAN 1 Sampang. Raihan 14 poin untuk SMAN 1 Sumenep sedang SMAN 1 Sampang meraih 5 poin.

Masa perempat ketiga semua tim mulai mengalami penurunan performa. Masa perempat ketiga Tim SMAN 1 Sumenep unggul tipis dari Tim SMAN 1 Sampang sebesar 6-4. Di ujung pertandingan masa perempat keempat sempat terjadi kejar-mengejar poin. Pada periode akhir pertandingan Tim SMAN 1 Sampang berhasil unggul tipis dari Tim SMAN 1 Sumenep. 10 melawan 12 untuk kemenangan Tim SMAN 1 Sampang.

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Wasit Utama Ali meniup peluit tanda pertandingan berakhir. Pada akhir pertandingan Tim SMAN  1 Sumenep berhasil memperoleh total 37 poin. Sedangkan Tim SMAN 1 Sumenep berhasil mengumpulkan poin sedikit di bawahnya, yaitu total 31 poin. Dengan demikian yang menang dan menjadi juara adalah Tim SMAN 1 Sumenep. Sedang Tim SMAN 1 Sampang finish sebagai runner up.

Tim Basket Putra SMAN 1 Sumenep berjaya dan berhasil menjadi juara KOBASMANSA 2022. Kemenangan ini disambut gembira oleh ratusan suporter setia serta semua penonton yang hadir. Seluruh pemain mendekat dan berbaris menghadap tribun supporter. Kemudian memberikan ucapan terimakasih atas dukungan selama pertandingan.

Coach Gunadi asal SMAN 1 Sampang memberikan keterangan perihal jalannya pertandingan final. Coach juga menyampaikan evaluasi terhadap kekalahan yang dialami timnya.

“Pertandingan hari ini sangat bagus juga menarik. Kekurangan tim saya saya adalah anak-anak tertekan sehingga sulit menciptakan kerjasama tim selama pertandingan. Selain itu, saat ini tim saya datang dengan kekurangan satu pemain andalan yang harus istirahat akibat cidera. Sebenarnya tim komplit, saya yakin bisa  melampaui tim lawan.”

Demikian keterangan yang diberikan coach Gunadi pada media usai pertandingan. Ia menerima hasil pertandingan tanpa protes sambil memberikan semangat terhadap anak asuhnya.

Di lain pihak, coach Bambang memberikan tanggapan terhadap keberhasilan tim asuhannya. Dengan rasa merendah coach Bambang menyampaikan keterangan terhadap media.

“Alhamdulillah, atas pertolongan dari Allah Tim Basket Putra SMAN 1 Sumenep berhasil menjadi juara pada gelaran KOBASMANSA 2022. Pada pertandingan final kali ini sengaja saya memanfaatkan keunggulan pemain dengan postur tinggi. Namun strategi itu kurang berjalan dengan baik akibat kurangnya komunikasi antar pemain.”

Coach Bambang menambahkan bahwa ke depannya perlu pembenahan fisik terhadap pemainnya. Selain itu, tak lupa juga mental pemain juga harus ditempa lebih kuat.

Dok. Humas SMANSA Sumenep
Dok. Humas SMANSA Sumenep

Pertandingan babak final SMA Putra dihadiri sekitar delapan ratus penonton. Turut hadir menonton yaitu para guru SMAN 1 Sumenep, kepala sekolah, TAS SMAN 1 Sumenep serta perwakilan PERBASI Sumenep. Juga terpantau hadir menonton Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Kabupaten Sumenep yaitu Syamsul Arifin beserta Ketua DWP Cabdin Sumenep.

Kacabdin Sumenep menyampaikan ucapan selamat kepada Tim Basket Putra SMAN 1 Sumenep atas kemenangan di babak final. Kacabdin juga menyampaikan bahwa dirinya terus memberikan himbauan dan dorongan kepada guru olah raga untuk selalu mencari bibit atlet berbakat dari kalangan pelajar tingkat SMA sederajat di kabupaten Sumenep. Di akhir, Kacabdin juga menyampaikan selamat kepada OSIS SMAN 1 Sumenep atas sukses  penyelenggaraan dan sukses prestasi di gelaran KOBASMANSA 2022.[Syafiuddin Syarif]

Leave a Comment