Pekan Literasi, merupakan salah satu kegiatan unggulan SMAN 1 Sumenep yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan jelajah buku bagi peserta didiknya. Kegiatan ini diprogram secara rutin setiap tahun pelajaran pada paruh semester ganjil sebagai Kegiatan Tengah Semester (KTS). Setelah sempat vakum selama 2 tahun karena pandemi COVID-19, di tahun pelajaran 2022/2023 ini, Pekan Literasi (PEKLIS) yang dimotori oleh Tim Literasi dan Riset (LIRIS) SMAN 1 Sumenep ini kembali digelar.

Selasa, 4 Oktober 2022, opening ceremony PEKLIS SMAN 1 Sumenep disambut dengan penuh suka cita oleh seluruh warga sekolah. Baik dari kalangan  guru maupun tenaga administrasi sekolah, dan terlebih lagi oleh peserta didik SMANSA Sumenep. Pembukaan PEKLIS Tahun 2022 kali ini dihadiri oleh Ka. Cab. Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Kabupaten Sumenep, Ketua MKKS SMA Negeri, Komite SMAN 1 Sumenep, dan Bupati Sumenep yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep.

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep
Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

Acara pembukaan diawali dengan pemotongan pita oleh Sekretaris Disdik Kabupaten Sumenep selaku perwakilan Bupati Sumenep yang didampingi oleh Ka. Cab. Disdik Jatim Wilayah Sumenep. Selanjutnya pengalungan bunga oleh Kepala SMAN 1 Sumenep kepada perwakilan bupati. Upacara penyambutan tamu tersebut diiringi oleh group musik Banjari, penari Mowang Sangkal dan 30 pasangan Kacong Cebbhing SMAN 1 Sumenep. Tarian Mowang Sangkalpun disuguhkan sebagai tari penyambutan tamu, sehingga memberikan kesan kemewahan dan keagungan bagi para undangan.

Kepala SMAN 1 Sumenep, Drs. Sukarman menjelaskan bahwa PEKLIS sudah disiapkan dengan matang karena sudah 2 tahun tidak dilaksanakan. Dalam kesempatan itu, beliau juga menyampaikan komitmennya untuk tetap bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep di bidang pendidikan, meskipun secara administrasi sudah terpisah.

“Hal itu dapat dibuktikan bahwa SMAN 1 Sumenep sampai saat ini masih terus melaksanakan program diniyah yang dititipkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten”.

Oleh sebab itu Drs. Sukarman kepada Sekdis Pendidikan Kabupaten Sumenep menyampaikan harapannya untuk senantiasa menjaga komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan baik.

Sementara itu, Ka. Cab. Disdik Jatim Wilayah Sumenep, bapak H. Syamsul Arifin, S.Pd., M.Si. mengatakan bahwa SMANSA Sumenep masih menjadi sekolah terbaik di Kabupaten Sumenep sampai saat ini.

“Indikatornya adalah banyaknya lulusan SMANSA yg diserap oleh perguruan tinggi”, ujarnya. Dalam kesempatan itu, beliau juga berpesan kepada siswa-siswi SMANSA untuk tekun dalam belajar dalam menggapai cita-cita. Salah satu caranya dengan gemar membaca.

“Dengan banyak membaca buku wawasan kalian akan semakin luas”, imbuhnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Sumenep sebagai perwakilan Bupati Sumenep menyampaikan bahwa literasi tidak sebatas membaca buku saja.

“Literasi hari ini menjadi hal yang sangat penting. Literasi bukan sekadar membaca buku sebab ada banyak model literasi, seperti literasi digital dan lainnya. Gadget dengan media sosial di dalamnya, dapat menjadi sumber alternatif literasi yang baik”, jelasnya.

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep
Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

Usai membacakan sambutan Bupati Sumenep, Sekdis Pendidikan Kabupaten Sumenep membuka PEKLIS SMAN 1 Sumenep Tahun 2022 secara resmi. Pembukaan itu ditandai dengan pemukulan gong dan diikuti dengan tetabuhan musik tradisional thong-thong. Setelah itu, para tamu undangan didampingi oleh kepala sekolah dan Wa. Ka. bidang Humas, dipersilahkan untuk mengunjungi stan-stan literasi yang memenuhi lokasi kegiatan.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim LIRIS dan ekstrakurikuler Jurnalistik SMAN 1 Sumenep ini direncanakan akan berlangsung dari 4-7 Oktober 2022. Dalam serangkaian kegiatannya, juga dimeriahkan dengan kegiatan lomba-lomba antar kelas, di antaranya: lomba menulis cerpen, lomba musikalisasi puisi, lomba fotografi, lomba video vlog, dan tentu saja lomba dekorasi stan.

Dok. HUMAS SMANSA Sumenep
Dok. HUMAS SMANSA Sumenep

Berbeda dari pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya, PEKLIS tahun ini juga digunakan sebagai media pameran hasil karya project P5 dari penerapan pembelajaran Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Sumenep. Karya project P5 yang dipamerkan dalam rangkaian kegiatan PEKLIS ini mengusung tema “Hidup Berkelanjutan”. Oleh karena itu, semua hasil karya project P5 dibuat dengan prinsip daur ulang, yaitu memanfaatkan sampah/limbah yang ada di sekitar sekolah sebagai bahan utama karya.

Di samping itu, kegiatan Ngobrol Penuh Inspirasi (NGOPI) Buku juga akan dihelat setiap hari selama pelaksaan PEKLIS 2022. NGOPI Buku ini merupakan kegiatan bedah buku dari beberapa karya sastra. Salah satu buku yang akan dibincangkan yaitu novel Pendosa yang Saleh, karya Royyan Julian.

Leave a Comment